Tutorial Lacak Pengguna dan Pelajari Lalu Lintas di Google Analytics dengan MonsterInsights

9162ee06-1232-4644-a7c1-b0f45bca9ad9

Google Analytics merupakan layanan analisis web gratis dari Google yang memungkinkan Anda menganalisis detail mendalam tentang pengunjung, lalu lintas dan kegiatan lainnya di website Anda.

Google tidak membebankan biaya apa pun kepada Anda untuk menggunakan Google Analytics. Anda dapat menggunakannya tanpa khawatir ada tagihan di akhir bulan.

Untuk memudahkan Anda mengelola website, membuat konten sekaligus melakukan analisa di dasbor Google Analytics, Anda dapat menggunakan plugin MonsterInsights.

Pentingya Pelacakan Pengguna & Lalu Lintas Website

Dalam website, pelacakan pengguna dan lalu lintas website sangat penting untuk mengukur berapa banyak pengunjung, negara asal, sumber trafik dan pengukuran lainnya. Salah satu tujuannya, adalah untuk mengetahui volume kunjungan per hari, per minggu atau perbulan, mengukur pengunjung baru dan kembali, jumlah pengguna yang membeli dan tidak pada website ecommerce.

Dengan adanya pengukuran ini, admin atau pengelola website akan mendapatkan wawasan yang sangat berguna untuk membuat kebijakan promosi yang tepat, misalnya menjalankan giveaway atau diskon/promo yang dapat menarik banyak pengunjung. Sedangkan untuk blog, wawasan ini dapat digunakan untuk melihat konten mana saja yang populer dan kurang populer, sehingga mereka dapat mengoptimasi kontenyang kurang populer, misalnya optimasi SEO.

Hasil akhir dari pengukuran dan pelacakan ini adalah income, website ecommerce dapat memperkirakan penghasilan rata-rata perbulan. Sedangkan website blog dapat memperkirakan rata-penghasilan dari iklan misalnya adsense, selain itu dapat menjadi rujukan kepada audiens agar website tersebut lebih kredibel dan terpercaya.

MonsterInsights Memudahkan Anda Bekerja Dengan Analitik

MonsterInsights adalah plugin yang membantu Anda menambahkan, menyesuaikan dan mengelola layanan Google Analytics tanpa harus beranjak dari dasbor WordPress Anda.

screenshot 2021 03 18 220810

Fitur

screenshot 2021 03 18 220221

Berikut fitur-fitur MonsterInsights yang menjadikannya sebagai plugin analitik terbaik saat ini:

  1. Pelacakan universal
    Siapkan pelacakan website universal hanya dengan beberapa klik tanpa kode apapun.
  2. Pelacakan E-commerce yang disempurnakan
    Pelacakan E-commerce Google Analytics untuk WooCommerce, Easy Digital Download & MemberPress.
  3. Sesuai standar eropa (kompatibel dengan GDPR)
    Jadikan Google Analytics sesuai standar eropa dengan GDPR dan peraturan privasi lainnya secara otomatis.
  4. Dasbor Google Analytics
    Lihat laporan analisis website Anda hanya dari dasbor WordPress Anda tanpa harus membuka dasbor Google Analytics.
  5. Analisis tingkat halaman
    Dapatkan statistik terperinci untuk setiap artikel, halaman atau lainnya, sehingga Anda dapat melihat posting, halaman, dan bagian yang paling populer dari website Anda.
  6. Statistik waktu nyata
    Dapatkan statistik waktu nyata langsung di dasbor WordPress untuk melihat siapa yang online, apa yang mereka lakukan, dan banyak lagi yang lainnya.
  7. Pelacakan iklan & afiliasi
    Secara otomatis melacak klik pada tautan afiliasi Anda, iklan spanduk, dan tautan keluar lainnya dengan pelacakan tautan MonsterInshts.
  8. Optimalisasi & Performa
    Aktifkan Google Optimize untuk pengujian A /B, sesuaikan kecepatan & laju sampel, dan beberapa fitur lanjutan lainnya.

Dengan fitur-fitur luar biasa tersebut, telah ada lebih dari 2.000.000+ penginstalan aktif, MonsterInsights adalah plugin Google Analytics paling populer saat ini untuk WordPress. Hal inilah yang menjadi alasan pemilik bisnis, blogger, digital & internet marketer, dan pengembang menggunakan MonsterInsights.

Untuk menggunakan semua fitur & addons MonsterInsights, Anda harus berlangganan paket berbayar. Anda dapat berlangganan MonsterInsights mulai dari $199.00 99.50/tahun untuk paket Plus, $399.00 199.50 untuk paket Pro, dan $799.00 399.50/tahun untuk paket Agency.

Pemasangan & Penyiapan

Memasang MonsterInsights tidaklah sulit, Anda hanya perlu menambahkannya melalui Plugins > Tambah Baru > Cari MonsterInsights > Pasang & Aktifkan. Setelah Anda memasang dan mengaktifkannya, Anda dapat mulai penyiapan melalui Launch Wizard yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Pilih jenis website (bisnis, blog atau ecommerce)

Karena website kami merupakan blog, maka kami memilih blog.

screenshot 2021 03 18 220256

Pilih website yang akan dihubungkan ke MonsterInsights

Pada bagian ini, Anda akan menghubungkan website Anda ke MonsterInsight agar sumber lalu lintas dan pengguna di Google Analytics dapat ditampilkan di MonsterInsights.

screenshot 2021 03 18 220311

Menghubungkan MonsterInsights ke akun Google

Langkah selanjutnya adalah memberikan izin agar MonsterInsights dapat terhubung ke website Anda.

inkedscreenshot 2021 03 18 220352 li

Setelah mengotorisasi akun Google, Anda akan mengatur pelacakan unduhan (jika ada) dan pelacakan even.

screenshot 2021 03 18 220538

Plugin Rekomendasi & Penyiapan Selesai

Sebelum menyelesaikan proses pemasangan ini, Anda akan ditanya apakah akan memasang WPForm atau tidak. Sekedar informasi, WPForm merupakan plugin formulir multifungsi dan mudah digunakan. Selengkapnya akan kami bahas pada artikel khusus.

screenshot 2021 03 18 220649

Selanjutnya, Anda telah sampai pada bagian akhir penyiapan MonsterInsights. Voila! Mulai lacak pengguna dan sumber lalu lintas website Anda hanya dari dasbor WordPress.

Penutup

Itulah penjelasan bagaimana pentingnya melacak pengguna dan lalu lintas website untuk admin dan pengelola website. Dan bagaimana MonsterInsights mempermudah Anda melakukan pekerjaan tersebut tanpa harus meninggalkan dasbor WordPress Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pekerjaan Anda tanpa terganggu karena perpindahan antar dasbor.

Siap mencoba MonsterInsights untuk website Anda?

Unduh MonsterInsights

Dukung kami di: KaryaKarsa | Nih Buat Jajan

Dapatkan Canva Pro gratis disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MauCariApa.com mungkin mendapatkan komisi dari merujuk pengunjung ke produk, perangkat lunak, dan layanan menggunakan kemitraan afiliasi.