MacOS, merupakan sistem operasi besutan raksasa teknologi Apple Computer. Sistem operasi ini merupakan salah satu dari beberapa cabang Unix yang masih eksis hingga hari ini.

Apache & PHP merupakan dua proyek open source yang telah berdiri cukup lama. Apache didirikan dan dikelola oleh Apache Foundation, sedangkan PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf yang pengembangannya kemudian dilanjutkan oleh tim pengembangan PHP dan Zend Technology.

Dua proyek ini sering digunakan dalam pengembangan web serta dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Linux dan Windows. Tidak banyak yang mengetahui, bahwa Apache dan PHP juga tersedia di MacOS, namun belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkan Apache, kita cukup mengetikkan perintah sudo apachectl start. Sedangkan untuk menghentikannya cukup mengganti perintah menjadi sudo apachectl stop. Untuk mengetahui apakah server Apache telah jalan atau belum, kita cukup mengetikkan http://localhost di browser dan layar akan menampilkan tulisan It’s works! yang artinya Apache telah sukses dijalankan di sistem.

4a23ef5f

Itulah tampilan tanda Apache telah sukses dijalankan di browser kita. Langkah selanjutnya mengaktifkan PHP. Kita dapat mengedit file config Apache yaitu httpd.conf yang berlokasi di /etc/apache2. Perintahnya yaitu sudo nano edit /etc/apache2/httpd.conf. Jangan lupa masukkan kata sandi Mac Anda.

Karena kita menggunakan editor nano, kita tinggal mencari kata php dengan melakukan kombinasi huruf Ctrl + W kemudian ketik kuerinya “php” dan langsung muncul hasil pencarian “#LoadModule php7_module libexec/apache2/libphp7.so.”

24b8225e

Hapus tanda # untuk mengaktifkan modul PHP, kemudian tekan kombinasi huruf Ctrl + S untuk menyimpan perubahan dan Ctrl + X untuk keluar.

Pada config httpd juga, kita dapat mengubah direktori utama untuk web server kita, yaitu dengan mencari kueri DocumentRoot, menggunakan metode Ctrl + W seperti sebelumnya.

075dba00

Kita dapat membiarkannya seperti semula atau mengubahnya sesuai keinginan kita, jangan lupa menyimpan semua perubahan dengan menekan Ctrl + S.

Lakukan perubahan pada Apache dengan melakukan restart menggunakan perintah sudo apachectl restart.

Penutup

Itulah langkah mudah mengaktifkan Apache & PHP di sistem MacOS, metode ini juga berlaku bagi pengguna Hackintosh (yaitu menggunakan sistem MacOS pada perangkat non-Apple).