Selain Azure, Alibaba Cloud dan Huawei Cloud, AWS juga menawarkan hosting dan layanan lainnya secara gratis melalui tiga program mereka.

Adapun tiga program ini adalah AWS Free Tier, Activate for Founders dan Activate for Startup. Sebenarnya masih ada satu program yaitu AWS for Nonprofit, namun layanan ini lebih cocok untuk yayasan atau organisasi nirlaba tidak cocok untuk semua kalangan.

AWS Free Tier

Layanan ini merupakan paket gratis yang diberikan pada semua akun AWS yang telah melakukan verifikasi pembayaran, baik melalui kartu kredit maupun debit. Beberapa manfaat layanan ini yaitu:

Akses ke 100+ produk AWS yang dibagi menjadi tiga bagian,yaitu:

  • Free Trials
    Free trial yaitu layanan yang dapat diuji coba oleh pengguna AWS secara gratis untuk jangka waktu tertentu, kemudian pengguna akan dikenakan biaya sesuai layanan yang digunakan ketika masa uji coba tersebut telah berakhir.
  • 12 Months Free
    Berbeda dengan Free Trials, layanan dengan label 12 bulan gratis memberikan masa uji coba yang lebih panjang, yaitu selama 12 bulan. Layanan yang termasuk pada bagian ini yaitu AWS Compute (termasuk EC2).
  • Always Free
    Sedangkan untuk bagian ini, pengguna tidak akan dibebankan biaya walaupun sudah melewati batas waktu 12 bulan, ini karena AWS memberikan kebijakan layanannya selalu gratis selama mereka menjadi pengguna AWS. AWS CloudFront dan AWS Lambda termasuk pada jenis layanan ini.

Activate for Founders

Program ini ditujukan untuk founder yang memiliki ide namun terkendala biaya; misalnya untuk kebutuhan hosting dan cloud. AWS hadir sebagai penyedia layanan cloud yang unggul dan mendukung langkah para founder agar dapat mewujudkan ide-ide tersebut.

AWS for Founders memberikan $1,000 – $100,000 berupa kredit AWS yang berlaku selama dua tahun dan dapat digunakan untuk menjalankan berbagai layanan di AWS. Serta kredit sebesar $350 untuk dukungan teknis.

­čĺí Info
Dukungan teknis premium AWS termasuk chat dan tiket adalah berbayar, sehingga terdapat opsi apakah akan menggunakan dukungan standar atau premium.

Program ini termasuk kedalam AWS Activate yang bertujuan mendukung early startup, founder dan perusahaan dalam skala kecil-menengah.

Activate for Startup

Program ini ditujukan untuk startup atau perusahaan yang telah berjalan, memiliki afiliasi dengan investor, accelerator dan incubator; bukan lagi ide seperti Activate for Founders. Program ini menawarkan kredit yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas yaitu mulai dari $5000 – $100,000┬ákredit AWS yang berlaku selama dua tahun, belum lagi kredit untuk dukungan teknis premium sampai dengan $100,000. Siapa saja dapat mendaftar dengan syarat:

  • Didanai sendiri (bootstrap) atau didanai investor (hingga dan termasuk Pre-Seed, Angel, Seed, Debt Finance, dan Seri A)
  • Terafiliasi/bagian dari dengan Activate Provider dan memiliki ID ORG mereka
  • Memiliki situs web perusahaan yang berfungsi
  • Didirikan dalam 10 tahun terakhir

Jika sebelumnya Anda telah mengajukan Portofolio AWS Activate, pastikan Anda mengajukan jumlah kredit AWS yang lebih besar daripada permohonan yang disetujui sebelumnya. Batas maksimum seumur hidup untuk kredit AWS dari Activate adalah $100.000.

Penutup

Itulah tiga program layanan gratis yang diberikan AWS kepada komunitas teknologi dan startup. Saya sendiri pernah mendapatkan layanan ini ketika mengikuti DSLaunchpad yang diselenggarakan oleh DailySocial.id.

Saya memanfaatkan dua tahun menggunakan AWS secara gratis untuk membangun komunitas dan menyajikan artikel untuk para pengunjung & pembaca situs ini.