Cara Menambahkan Ads.txt Di Ghost

Pada artikel Belajar Ghost Series kali ini, kita akan belajar cara menambahkan ads.txt

Cara Menambahkan Ads.txt Di Ghost


Mengutip dari situs Bantuan Google AdSense, ads.txt atau Authorized Digital Seller adalah alat yang membantu memastikan inventaris iklan digital pengguna hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah diidentifikasi oleh pengguna. Ads.txt juga memberikan kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Struktur file

Struktur file Ads.txt terdiri dari:

  • Layanan penyedia iklan
  • ID penyedia iklan
  • ID penayang
  • Jenis kerjasama antara penyedia dan penayang
Contoh file ads.txt

Integrasi ads.txt & Ghost

Untuk mengintegrasikan ads.txt dengan platform Ghost caranya sangat mudah, pertama-tama siapkan file ads.txt dari Google AdSense, Ezoic Sovern atau penyedia iklan serupa.

Jika menggunakan AdSense, klik menu Situs di bagian kiri, pilih website yang diinginkan dan unduh file ads.txt.

Langkah berikutnya, unduh tema aktif yang digunakan di Ghost, caranya klik ikon , pilih menu Design. Selanjutnya pilih menu Change theme di bagian kiri bawah, klik tombol Advanced dan klik ikon . Klik tombol Download, setelah berhasil diunduh, ekstrak file tema tersebut dan pindahkan file ads.txt yang telah diunduh sebelumnya ke folder tema yang baru saja diunduh.

Struktur file tema Ghost dan ads.txt

Setelah selesai, kompres kembali dalam format .zip menggunakan aplikasi 7Zip atau WinRAR, setelah itu unggah kembali ke Ghost, dengan mengklik tombol Upload theme. Pastikan tema sebelumnya sudah dihapus agar proses unggah tidak mengalami kegagalan.

Tema Ghost

Kesimpulan

Integrasi Ghost dan ads.txt pada beberapa kasus akan lebih mudah dibandingkan dengan WordPress, karena file ads.txt tersebut disisipkan ke file tema. Sedangkan di WordPress, file ads.txt berada di root folder (biasanya di public_html jika menggunakan cPanel).

⚠️
Pada beberapa kondisi, root folder bisa di folder lain jika menggunakan VPS atau panel lainnya.

Karena itu, integrasi ads.txt di WordPress bisa lebih rumit jika pengguna tidak mengetahui atau kurang faham mengenai panel yang digunakan.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan