utterances github.jpg utterances github.jpg

Cara Instalasi Sistem Komentar Utterances Di Ghost

Untuk menerapkan sistem komentar misalnya, kita dapat menggunakan sistem komentar bawaan maupun menggunakan platform pihak ketiga seperti Discus. Atau platform komentar berbasis git seperti giscus & utterances dan lainnya.

🎉
Platform komentar utterances mudah di konfigurasi dan digunakan, serta dapat dikelola oleh siapapun, termasuk pengguna awam.

Konfigurasi utterances

Sebelum menggunakan utterances, kita harus mempersiapkan satu repositori github yang bersifat public sehingga utterances dapat mengakses repositori tersebut. Kita dapat mengunjungi https://utteranc.es/, dan lakukan konfigurasi dasar seperti nama repositori, url dan mapping antara postingan dan GitHub.

Di utterances, kita dapat melakukan mapping yaitu bagaimana komentar di postingan dan repositori github terhubung. Misalnya, judul issue berisi URL halaman, atau judul halaman.

Mapping

Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Setelah menyesuaikan mapping, selanjutnya kita dapat menyematkan label pada issue yang nantinya akan muncul di repositori GitHub.

Issue label

Kita juga dapat memilih tema, seperti GitHub Light, GitHub Dark, Icy Dark, dan lainnya.

Tema

Integrasi utterances

Untuk menerapkan utterances, salin kode yang dimulai dengan <script dan diakhiri dengan baris </script>.

Untuk menerapkannya Ghost, buka file posts.hbs dari folder tema, edit dengan VS Code maupun Notepad++. Sisipkan kode diatas pada baris antara {{#post}} dan {{/post}}.

Hasil komentar

Setelah konfigurasi utterance dilakukan dengan benar, nantinya semua komentar akan masuk ke issue di repositori GitHub yang telah dipilih sebelumnya.

Kesimpulan

Tidak hanya utterances, kita juga dapat menggunakan sistem komentar seperti giscus yang bebas iklan, sama seperti utterances.


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

Leave a Reply

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading