Cara Konfigurasi Newsletter Ghost CMS

ghost newsletter.jpg
June 27, 2023
Uncategorized
Share

Semua dapat dilakukan dari satu tempat, sehingga kita dapat menghemat banyak waktu dan biaya. Satu-satunya biaya yang harus dikeluarkan adalah berlangganan Mailgun.

Registrasi Mailgun

Mailgun adalah layanan API email transaksional yang dimiliki dan didukung oleh Rackspace (diakuisisi pada 2012) dan kemudian dipisahkan pada 2017 sebagai entitas independen dan mandiri. Mailgun kini dibawah Sinch, perusahaan telekomunikasi asal Swedia.

Harga Mailgun mulai dari $35/bulan, dengan harga tersebut kita mendapatkan kuota 50.000 email/bulan, verifikasi alamat email, dukungan tiket 24/7 dan lainnya.

Namun untuk memulai, kita dapat memanfaatkan fitur free trial yang mana pengguna mendapatkan kuota 10.000 email/bulan dan menambahkan domain untuk mengirim email alih-alih menggunakan sandbox domain.

⚠️
Untuk mulai menggunakan layanan Mailgun, registrasi di situs resmi, dan selesaikan proses registrasi.

Berikut ini tahapan registrasi di Mailgun.

Isi nama lengkap, nama perusahaan, alamat email dan kata sandi. Pilih juga opsi Add Payment untuk menambahkan metode pembayaran berupa kartu kredit atau kartu debit (untuk kartu debit, biasanya saya menggunakan kartu debit Jago).

Jika menambahkan opsi pembayaran, isi kolom tambahan seperti nomor kartu, nama pemegang kartu, dan alamat penagihan. Kita juga dapat memilih paket untuk dicoba, misalnya Foundation Trial selama 30 hari.

Konfigurasi Sending Domain

Menambahkan domain

Setelah registrasi berhasil dan sudah masuk ke dasbor, klik menu Sending di sebelah kiri, kemudian pilih sub-menu Domain dan klik tombol Add New Domain.

Masukkan nama domain, pilih region dan klik tombol Add Domain. Langkah selanjutnya login ke penyedia layanan domain, kemudian buat record baru sesuai value yang tertera di layar.

Tambahkan record di penyedia layanan

⚠️
Untuk tahapan ini tidak akan saya jelaskan lebih detail karena tiap penyedia layanan memiliki tampilan menu yang berbeda satu sama lain.

Selanjutnya isi record di domain sesuai dengan konfigurasi Mailgun, misalnya tambahkan TXT untuk record TXT dan MX untuk MX.

Seperti record TXT, tambahkan juga record MX. Tambahkan nilai 10 di priority pada pengaturan MX di penyedia layanan domain Anda.

Terakhir, tambahkan CNAME atau subdomain untuk domain email Mailgun Anda, domain ini akan bertindak sebagai alat pengiriman di newsletter Ghost. Sedangkan alamat pengirimnya sendiri berasal dari email@namadomain.com.

Selain itu, CNAME tersebut berfungsi untuk melacak email yang dibuka, klik dan permintaan berhenti berlangganan.

Langkah terakhir yaitu verifikasi DNS, apakah record yang diinput sudah benar atau belum. Jika sudah, Current Value akan terisi alih-alih tertulis None found.

Proses verifikasi biasanya memakan waktu 24-48 jam, namun kadang-kadang selesai dalam hitungan menit.

Konfigurasi Newsletter di Ghost

Selesai selesai melakukan konfigurasi di Mailgun, langkah selanjutnya menyelesaikan konfigurasi di Ghost. Untuk menyelesaikannya, kita hanya perlu masuk ke menu Pengaturan (ikon ).

Selanjutnya pilih menu Email newsletter, klik Customize pada newsletter, kemudian buat perubahan seperti menambahkan gambar header, email dan nama pengirim, dan lainnya.

Buat Newsletter

Setelah semua konfigurasi di Mailgun dan Ghost selesai, kita dapat langsung membuat newsletter kita dengan masuk ke menu Post > New post.

Klik Publish, pilih Email only, atur tujuan pengiriman apakah ke semua pelanggan newsletter atau ke beberapa orang saja (dapat dipilih berdasarkan daftar).

Klik final review, continue dan terakhir klik tombol send email, right now.

Gambar diatas menunjukkan newsletter telah dikirim untuk 1 orang penerima, jika semua pelanggan newsletter dikirimi email ini, maka teksnya akan berubah menjadi semua pelanggan.

Email Newsletter

Newsletter yang telah dikirimkan akan diterima pelanggan dalam bentuk email, seperti pada gambar dibawah ini.

Penutup

Ghost dapat dijadikan sebagai media newsletter yang built-in atau hanya sebagai media pengiriman newsletter seperti yang dilakukan oleh It’s FOSS, yang menggunakan Ghost CMS sebagai platform newsletter mereka, walaupun mereka tidak menjadikan Ghost sebagai platform tulisan-tulisannya (saat ini mereka sudah menggunakan platform Ghost secara penuh).