Apple, Nvidia, Pixar, Adobe Bersama Autodesk Luncurkan OpenUSD

1 Agustus lalu, OpenUSD resmi diluncurkan oleh Apple, Nvidia, Pixar, Adobe & Autodesk bersama Joint Development Foundation (JDF) yang berafiliasi dengan Linux Foundation.

Apple, Nvidia, Pixar, Adobe Bersama Autodesk Luncurkan OpenUSD
AOUSD, image credit: Pixar & openUSD


Tujuan dibentuknya Alliance for OpenUSD (AOUSD) untuk mempromosikan standardisasi, pengembangan, evolusi, dan pertumbuhan teknologi Deskripsi Adegan Universal Pixar.

Aliansi ini diharapkan mampu membakukan ekosistem 3D dengan memajukan kemampuan Open Universal Scene Description (OpenUSD). Dengan mempromosikan interoperabilitas alat dan data 3D yang lebih besar, aliansi ini akan memungkinkan pengembang dan pembuat konten untuk mendeskripsikan, menyusun, dan mensimulasikan proyek 3D berskala besar dan membangun rangkaian produk dan layanan berkemampuan 3D yang semakin meluas.

Dibuat oleh Pixar Animation Studios, OpenUSD adalah teknologi deskripsi adegan 3D berkinerja tinggi yang menawarkan interoperabilitas yang kuat di seluruh alat, data, dan alur kerja. Dikenal karena kemampuannya untuk secara kolaboratif menangkap ekspresi artistik dan merampingkan produksi konten sinematik, kekuatan dan fleksibilitas OpenUSD menjadikannya platform konten yang ideal untuk memenuhi kebutuhan industri dan aplikasi baru.

AOUSD juga akan menyediakan forum utama untuk definisi kolaboratif peningkatan teknologi oleh industri yang lebih besar. Aliansi ini mengundang berbagai perusahaan dan organisasi untuk bergabung dan berpartisipasi dalam membentuk masa depan OpenUSD.

AOUSD beranggotakan perusahaan-perusahaan teknologi yang menjadi pioneer di bidang 3D seperti Pixar, Adobe dan Autodesk. Tidak hanya itu, perusahaan raksasa seperti Nvidia dan Apple pun turut bergabung dalam aliansi ini.

Sepertinya Apple sangat serius dengan konten dan teknologi 3D hingga mereka turut bergabung dalam aliansi tersebut, sedangkan Nvidia yang sudah lebih dulu berurusan dengan 3D nampaknya ingin lebih memperlihatkan legacy mereka di dunia 3D.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang AOUSD dan cara terlibat, kunjungi www.aousd.org.





Dukung situs ini melalui:


Nih buat jajan