Siapkan Rescuezilla 2.5 pada bootable USB sebelum Anda membutuhkannya

Rilis baru Rescuezilla, aplikasi penyelamat hdd berbasis ubuntu yang merupakan alternatif Ghost Rescue Disk kini telah tersedia.

rescuezilla

Rilis baru Rescuezilla, aplikasi penyelamat hdd berbasis ubuntu yang merupakan alternatif Ghost Rescue Disk kini telah tersedia.

Rescuezilla 2.5 adalah aplikasi yang wajib dimiliki, bahkan jika Anda tidak terlalu memerlukannya;semoga tidak pernah membutuhkannya. Versi baru ini berbasis Ubuntu 24.04 yang baru dirilis, beberapa komponennya telah diperbarui, menyertakan antarmuka baris perintah baru dan eksperimental.

Beberapa tahun lalu, Rescuezilla 2.4 dirilis ke publik, membawa perubahan yang relatif sederhana, proyek ini kemudian tidak mendapat pembaruan dalam waktu cukup lama sehingga sebagian orang, termasuk saya berpikir jika proyek ini telah mati atau tidak dikelola lagi. Namun ternyata, mereka kembali dengan versi terbaru yang berdekatan dengan rilis Ubuntu 24.04.

94554764
Antarmuka utama Rescuezilla, pencitraan atau pemulihan hampir semua sistem file. Image credit: Rescuezilla

Rescuezilla sering digambarkan sebagai Clonezilla tetapi dengan antarmuka grafis, Clonezilla – yang juga diperbarui bulan lalu – adalah semacam pengganti FOSS untuk Norton Ghost. Clonezilla dapat membaca hampir semua format HDD atau SSD dan memvisualisasikannya ke media lokal atau jaringan bersama (dan, tentu saja, memulihkannya lagi).

Rescuezilla mengemas fungsionalitas dari Clonezilla dalam shell grafis yang ramah pengguna, menggunakan LXDE sebagai live ISO sehingga dapat di-boot dari USB Flashdisk. Komponen penting dari Rescuezilla salah satunya adalah partclone, yang mendukung BtrFS 6.3.3 dan memperbaiki masalah yang dialami beberapa pengguna. Kompatibilitas untuk sistem file juga lebih beragam, yaitu NTFS, JFS, VFAT dan exFAT, serta Apple HFS dan HFS+. Sayangnya, sistem file ZFS tidak didukung meskipun sistem file ini ditawarkan oleh Ubuntu.

fd9b074a
Rescuezilla TestDisk. Image credit: Rescuezilla

Walaupun fungsi utamanya sebagai alat pencitraan dan pemulihan file, Rescuezilla juga dapat berfungsi sebagai pengelola file, penampil gambar, dan beberapa alat dasar berguna lainnya, termasuk GParted, serta alat pemulihan data PhotoRec dan TestDisk dari Christophe Grenier.

Untuk membuat bootable USB, Anda dapat menggunakan Etcher, Ventoy, Rufus dan lainnya.

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading