Indonesia Website Awards

OpenAI hapus kepemilikan modal Sam Altman dari startup AI tersebut

openai-altman.jpg

OpenAI telah mengubah struktur tata kelola modal ventura yang mendukung startup tersebut, sehingga CEO Sam Altman kehilangan kendali atas OpenAI, menurut pengajuan ke Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat.

Struktur tata kelola di OpenAI Startup Fund memang tidak biasa, meskipun dipasarkan serupa dengan cabang ventura korporat, dana tersebut dikumpulkan oleh Altman dari mitra terbatas luar dan dia melakukan investasi. keputusan. OpenAI mengatakan Altman tidak memiliki kepentingan finansial atas dana tersebut meskipun ada kepemilikannya.

Axios pertama kali melaporkan perubahan kepemilikan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara OpenAI mengatakan struktur mitra umum (GP) awal dana tersebut adalah pengaturan sementara, dan “perubahan ini memberikan kejelasan lebih lanjut.”

Sejauh ini, OpenAI Startup Fund telah menginvestasikan $175 juta yang dikumpulkan dari mitra OpenAI seperti Microsoft, meskipun OpenAI sendiri bukan investor. Pengendalian dana tersebut kini telah di kelola oleh Ian Hathaway, salah satu investor di OpenAI Startup Fund sejak 2021.

OpenAI mengatakan Hathaway telah mengawasi program akselerator dana tersebut dan memimpin investasi di perusahaan seperti Harvey, Cursor, dan Ambience Healthcare.

Altman, mantan presiden akselerator startup Y Combinator, sebelumnya telah menarik perhatian atas minat investasinya yang luas di luar OpenAI, dari startup kripto Worldcoin hingga perusahaan fusi Helion Energy, serta aktivitas penggalangan dana di Timur Tengah.

OpenAI mengatakan penyelidikan independen setelah pemecatan Altman secara dramatis pada November lalu menyimpulkan bahwa Altman tidak melakukan kesalahan dalam hal keamanan produk atau keuangan OpenAI.

Recommended:  Oracle Luncurkan GraalOS Untuk Serverless Java