Indonesia Website Awards

Google blokir fitur RCS pada perangkat yang di root

google message rcs

Google mulai memblokir fitur RCS pada perangkat yang di root, untuk meminimalisir penyalahgunaan dan spam yang saat ini sudah tidak terkendali. Langkah ini diambil untuk memberikan keamanan & kenyamanan pada pengguna Android dari serangan spam dan kejahatan yang memanfaatkan fitur RCS.

Beberapa pengguna berbagi di thread Reddit bahwa RCS pada ponsel mereka (yang di-root) sudah tidak berfungsi lagi, ponsel yang di root mungkin lolos verifikasi, namun mereka tidak dapat digunakan untuk mengirim atau menerima pesan RCS. Meskipun aplikasi Pesan menunjukkan ponsel berhasil terhubung ke RCS.

Dalam beberapa kasus, pengguna melaporkan teks mereka hilang setelah menekan tombol kirim, lebih parahnya, aplikasi Pesan tidak menunjukkan tampilan apapun ketika RCS tidak berfungsi pada perangkat yang di root. Hal ini akan menyulitkan pengguna dan membuat mereka bingung mengapa pesan RCS mereka tidak berfungsi dengan baik.

Selain perangkat yang di-root, Google juga melarang perangkat yang bootloader-nya tidak terkunci untuk menggunakan RCS, mereka memblokir perangkat yang di-rooting untuk mencegah spam dan penyalahgunaan serta untuk memastikan ponsel yang terdaftar mengikuti “langkah pengoperasian” RCS.

Untuk saat ini, metode yang dapat digunakan untuk mengelabui Google yaitu menggunakan Magisk dan modul Play Integrity Fix, setelah menginstal dua aplikasi tersebut, ponsel Anda harus lulus uji integritas perangkat, sehingga RCS dapat berfungsi. Sesekali, perbaikan mungkin gagal karena Google meluncurkan beberapa perubahan sisi server atau memblokir beberapa sidik jari perangkat. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin harus menunggu versi terbaru dari perbaikan Integritas Play.

Recommended:  YouTube Gunakan AI Secara Menyeluruh