Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah fitur sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda menjalankan OS GNU/Linux, aplikasi terminal bahkan aplikasi GUI langsung dari desktop Windows Anda.

Ubuntu merupakan distribusi Linux pertama yang mengadopsi WSL, kemudian di susul oleh distribusi lainnya seperti Kali, Debian, openSUSE dan lainnya.

WLS ditujukan untuk pengembang; terutama web, mereka yang bekerja pada proyek open source, mereka yang membutuhkan alat uji coba untuk pengembangan atau siapapun yang tertarik menggunakan sistem GNU/Linux secara umum.

Apa yang dapat dikerjakan di WSL?

Di WSL, kita dapat menjalanan shell Bash dan alat Linux umum (sed, awk, dll.) yang tersedia pada Ubuntu, Debian, openSUSE, Kali, Alpine, dll, dan kerangka kerja pertama Linux (Ruby, Python, dll.) bersamaan dengan alat produktivitas Windows.

WSL memiliki kinerja yang sama baiknya dengan distro GNU/Linux yang dipasang secara mandiri (single boot). Misalnya, kita menjalankan perintah screenfetch, maka Anda akan melihat logo dari ASCII dan beberapa informasi sistem seperti nama OS, CPU, RAM dan lain-lain.

screenshot 2022 01 06 061326
openSUSE Tumbleweed di WSL2

Selain perintah-perintah berbasis terminal, WSL juga dapat menjalankan aplikasi GUI, namun Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menjalankannya. Ini karena aplikasi yang tersedia di Linux sebagian besar menggunakan X Server sebagai penunjang tampilan grafisnya.

WSL 2

WSL 2 merupakan versi terbaru dari Windows Subsystem for Linux (WSL) yang dapat menjalankan binari ELF64 Linux di Windows. Versi baru ini juga mendapat peningkatan kinerja serta kompatibilitas yang lebih luas.

Perbandingan WSL 1 dan WSL 2

FiturWSL 1WSL 2
Integrasi antara Windows dan Linux
Waktu booting cepat
Menghabiskan sumber daya yang lebih sedikit dibanding VM tradisional
Dapat dijalankan pada versi VMware dan VirtualBox saat ini
VM terkelola
Full Kernel Linux
Kompatibilitas panggilan sistem penuh
Performa di seluruh sistem file OS

WSL 2 hanya tersedia pada Windows 10 Versi 1903, Build 18362 atau lebih tinggi. Pastikan Anda telah mendapatkan Windows versi terbaru untuk dapat menikmati WSL 2.

Penutup

Walaupun WSL masih memiliki kekurangan, WSL dapat mengeliminasi opsi dual-boot yang tidak praktis, sehingga Anda hanya fokus pada kerangka kerja atau alur yang telah direncanakan tanpa memikirkan hal-hal seperti dual-boot, instalasi yang lama dan lainnya.