Cara Meningkatkan Performa & Koneksi Internet Di Windows 10

windows 10 network status page

Koneksi internet di Windows 10 dapat menjadi lambat karena cache yang sudah usang dari waktu ke waktu. Untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja koneksi internet Anda, Microsoft Windows 10 menyimpan informasi resolusi nama domain penting dalam file sementara yang dikenal sebagai cache DNS.

Dalam keadaan normal, cache ini membantu Anda mengakses internet lebih cepat dengan melewati permintaan ke server DNS berbasis internet. Sistem biasanya bekerja dengan baik. Namun, seiring waktu, cache akan menumpuk dan bertambah, hal ini dapat memperlambat koneksi jaringan Anda. Windows 10 mengumpulkan informasi dari cache terlebih dahulu, kemudian membuat permintaan ke server DNS — pemborosan waktu yang berdampak pada kinerja jaringan.

Cara meningkatkan kinerja jaringan di Windows 10 dengan membersihkan cache DNS

Saat Anda menggunakan internet di PC Windows 10, sistem Anda membangun informasi di cache DNS yang membantu mempercepat navigasi antar situs web. Namun data situs web pasti berubah dari waktu ke waktu sehingga meninggalkan informasi yang tidak valid, salah atau tidak dapat dipahami di dalam cache.

Dengan membersihkan cache DNS Windows 10, Anda dapat menghilangkan data yang telah usang dan dan membangun kembali cache informasi yang valid dan berguna. Cara termudah untuk menyelesaikan tugas ini di Windows 10 adalah dari Command prompt.

Untuk menjalankan Command Prompt, Anda dapat membukanya dengan menggunakan pintasan keyboard tombol Windows + R dan kemudian ketik “cmd”.

Setelah Anda menjalankan perintah diatas, Anda akan melihat aplikasi Command Prompt.

Untuk mengeksekusi perintah, jalankan ipconfig /flushdns.

Setelah perintah dijalankan, cache DNS yang telah usang akan dihapus dan digantikan dengan informasi terbaru yang diambil dari situs web.

Anda dapat menjalankan perintah ini secara berkala untuk menjaga performa internet di Windows 10 Anda.

Dukung kami di: KaryaKarsa | Nih Buat Jajan

Dapatkan Canva Pro gratis disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MauCariApa.com mungkin mendapatkan komisi dari merujuk pengunjung ke produk, perangkat lunak, dan layanan menggunakan kemitraan afiliasi.