photo 1513519245088 0e12902e5a38

Saat ini WordPress digunakan pada sekitar 40% situs web di seluruh dunia.. Ini karena popularitas CMS buatan Automattic tersebut terus meningkat.

Ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup besar. Apalagi rilis WordPress 5.7.2 beberapa waktu lalu membawa fitur-fitur yang baru dan meningkatkan fitur yang ada. Termasuk fitur unggah yang terus ditingkatkan. Namun sayangnya, pengembang tidak pernah menyentuh fitur yang dapat mengubah nama file ketika diunggah. Misalnya, saya memiliki file dengan nama photo-151-0e129. Ketika file di unggah, maka nama file akan sama dengan aslinya.

Tujuan Mengubah Nama File

Untuk beberapa orang, termasuk saya, mengubah nama file ketika diunggah cukup bermanfaat. Saya tidak perlu mengedit nama file secara manual sebelum di unggah, namun nama file akan diubah secara otomatis dan ini sangat menghemat banyak waktu. Tujuan mengubah nama file ketika diunggah yaitu untuk menjaga privasi file yang diunggah dengan cara menyamarkan nama file tersebut, sehingga pengunjung hanya melihat nama dengan kombinasi angka dan nama secara acak.

Cara Mengacak Nama File

Solusi yang jauh lebih mudah yaitu dengan menambahkan beberapa baris kode di function.php tema Anda. Namun Anda harus menggunakan child-theme agar perubahan yang dibuat tidak hilang ketika tema diperbarui.

// randomize upload filenames 
function htg_randomize_uploaded_filename( $filename ) {

	// does it have an extension? grab it
    $ext  = empty( pathinfo( $filename )['extension'] ) ? '' : '.' . pathinfo( $filename )['extension'];

    // return the first 8 characters of the MD5 hash of the name, along with the extension
    return substr(md5($filename), 0, 8) . $ext;
}

add_filter( 'sanitize_file_name', 'htg_randomize_uploaded_filename', 10 );

Salin kode diatas ke file function.php pada tema Anda, dan ini akan segera bekerja tanpa harus menunggu lama.

Scan Untuk Donasi
fb0a18ae

Penutup

Itulah tutorial bagaimana cara mengubah nama file ketika diunggah di WordPress. Kami menggunakan referensi dari CoudSavvy. Semoga tutorial ini bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *