VMware Workstation Pro & Fusion Pro kini gratis untuk penggunaan non-komersial

vmware

VMware melakukan langkah yang cukup mengejutkan, produk hypervisor desktop Workstation Pro dan Fusion Pro kini gratis untuk penggunaan pribadi.

VMware yang kini menjadi anak perusahaan Broadcom, fokus pada bisnis cloud dan virtualisasi, mengatakan bahwa aplikasi berbayar mereka (Workstation & Fusion Pro), kini memiliki model lisensi yang baru, yaitu: langganan gratis untuk penggunaan pribadi (non-komersial) atau penggunaan komersial berbayar untuk organisasi dan perusahaan. Tentunya ini bukanlah sesuatu yang baru, karena Red Hat telah melakukan hal semacam ini, mereka membebaskan Red Hat untuk penggunaan pribadi & non-komersial, dan tetap berbayar untuk organisasi atau perusahaan.

Workstation Pro tersedia untuk pengguna PC yang menjalankan Windows atau Linux, sedangkan Fusion Pro tersedia untuk sistem Mac dengan CPU Intel atau prosesor milik Apple.

Kedua produk tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat mesin virtual di komputer lokal mereka untuk tujuan menjalankan sistem operasi yang berbeda atau membuat kotak pasir untuk menjalankan perangkat lunak tertentu.

Pengguna nantinya dapat memutuskan sendiri apakah penggunaan mereka memerlukan langganan komersial. Tidak ada perbedaan fungsional antara kedua versi tersebut, kata perusahaan, dan satu-satunya perbedaan visual adalah versi gratisnya menampilkan teks: “Produk ini dilisensikan untuk penggunaan pribadi saja.”

Langkah ini membuat sebagian orang beranggapan bahwa produk Workstation Player dan Fusion Player dari VMware sudah “mubazir” karena produk berbayar mereka kini memiliki peran yang sama, sehingga produk tersebut tidak lagi menarik untuk dibeli.

VMware mengatakan pihaknya telah bermitra dengan perusahaan e-commerce Digital River sebagai reseller baru untuk mendukung pelanggan tanpa akun komersial yang sudah ada sebelumnya. Langganan VMware Desktop Hypervisor berharga $120 per tahun dan dapat dibeli dari toko online baru. Bandingkan dengan harga saat ini yaitu $194,99 untuk lisensi abadi Workstation 17 Pro yang dikutip secara online.

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading