Google Cloud, Insfrastruktur Dibalik Google Search & YouTube Untuk Semua Orang

Google Cloud merupakan layanan public cloud dari Google yang sangat andal dengan performa dan kualitas yang sangat baik.


Pada Cloud Summit 2018 lalu Google mengumumkan akan meluncurkan beberapa datacenter baru di Asia Tenggara, diantaranya di Jakarta. Dan pada tahun 2020, Google resmi meluncurkan datacenter pertamanya di Indonesia, setelah sebelumnya pengguna di Indonesia mengekor di datacenter Google di Singapore.

Pembukaan region baru ini merupakan yang pertama di Indonesia. Untuk wilayah Asia Pasifik (APAC), region Jakarta merupakan cloud region ke-9 yang kini beroperasi.
Hal ini cukup brilian dan cerdas karena pengguna cloud di Indonesia cukup tinggi, sebut saja Bukalapak & XL Axiata yang mempercayakan infrastruktur web mereka pada Google.

Dari sisi harga, layanan Google Cloud seperti Compute cukup terjangkau dan pengawasan keamanan yang ketat sehingga minim celah pada keamanan. Google Cloud dapat menjadi peningkatan luar biasa dari hosting tradisional jika kebutuhan web Anda semakin meningkat. Layanan komputasi awan mereka dengan penanganan lonjakan penggunaan yang brilian dapat menangani peningkatan lalu lintas yang padat dan keseluruhan data pengguna. Google Cloud menawarkan trial secara gratis selama 12 bulan.

Jika Anda cukup mengenal Google, maka Anda tidak akan asing bagaimana infrastruktur jaringan mereka. Ini yang terbesar di dunia, dan mereka membuatnya lebih baik dengan memperkenalkan Private Global Fiber dan Jaringan Bertingkat.

Performa dan keamanannya juga fenomenal. Data Anda dienkripsi antara Anda dan pusat data Google di bawah AES 256-bit, dan bahkan setiap kunci enkripsi dienkripsi dengan kunci master yang rutin diubah secara teratur.

GCP bukanlah platform terkelola, artinya Anda harus melakukan penginstalan dan pengoptimalan software yang diperlukan untuk kecepatan dan keamanan. Mereka hanya menyiapkan keamanan di sisi infrastruktur dan kelancaran platform, bukan software dan panel yang digunakan oleh Anda.

Jika Anda terbiasa dengan tugas administrasi sistem, maka cobalah GCP. Namun jika tidak, Anda dapat mencoba hosting Google Cloud terkelola untuk WordPress, cobalah Kinsta atau WP Engine.

Coba Google Cloud

Langganan Newsletter MauCariApa.com

Dapatkan artikel terbaru langsung ke email Anda. Kami mengirimkan newsletter mingguan, bukan spam!

Resource
Hosting & Domain
Google Cloud
Dedicated VPS
VPS
Windows
Open Source
Linux
Free Trial
Share: