Wise, Solusi Cepat Transfer Uang Ke Luar Negeri

Wesel merupakan sertifikat yang biasanya diterbitkan oleh kantor pos, namun dapat diterbitkan pula oleh lembaga pemerintah atau lembaga perbankan. Wesel memungkinkan penerima menerima pembayaran uang tunai sesuai permintaan.

Metode Pengiriman Uang Konvensional

Wesel pertama kali digunakan di Inggris Raya pada tahun 1792 oleh lembaga private, namun tidak berhasil karena biaya adminnya yang mahal. Namun pada 1838, kantor pos mengenalkan kembali wesel ini dengan biaya rendah dan populer hingga beberapa tahun kebelakang. Fungsi wesel hampir sama dengan cek, dimana orang yang menggunakannya dapat menghentikan pembayaran kapan saja.

Kekurangan wesel adalah waktu pengiriman yang sangat lama antara pengirim dan penerima, sehingga tidak dapat dilakukan secara instan. Belum lagi biaya adminnya yang cukup tinggi dan tidak sebanding dengan fasilitas yang didapat.

Saat ini, hampir semuanya terjadi secara instan. Anda dapat memesan makanan dari ponsel Anda dan tinggal duduk santai menunggu pesanan. Saat berbelanja, Anda tinggal menggesek kartu debit/kredit Anda dan pembayaran selesai. Lalu bagaimana dengan mengirim uang ke luar negeri dengan cepat, mudah dan aman?

Metode Pengiriman Uang Modern

Wise, pengiriman uang ke luar negeri yang modern menjawab semuanya. Wise merupakan alat pengiriman ke luar negeri yang sangat aman, mudah dan nyaman digunakan. untuk pengiriman uang dari Indonesia ke Amerika Serikat, Wise hanya memerlukan waktu pengiriman sekitar 4 hari, sangat jauh berbeda dengan wesel yang dapat memakan waktu berminggu-minggu bahkan bulanan.

Untuk mempermudah bagaimana cara kerja Wise, berikut kami berikan estimasi pengiriman uang dari Indonesia ke Amerika Serikat.

Pada gambar estimasi diatas, Wise hanya mengambil Rp. 33.009 dari total Rp. 1.000.0000 sebagai biaya pengiriman, biaya tersebut termasuk biaya konversi dari rupiah ke dollar AS. Sedangkan 14,440.5 adalah kurs yang aktif ketika transaksi terjadi. Guarantee Rate adalah kurs saat transaksi yang berubah naik atau turun dan dijamin akurat oleh Wise selama 72 jam. Dengan menggunakan Wise, Anda dapat menghemat Rp. 315.615.18.

Jenis Akun Wise

Terdapat dua jenis akun Wise, yaitu:

  • Personal
    Yaitu akun yang digunakan secara personal untuk mengirim uang ke luar negeri, dengan biaya yang sangat rendah dibandingkan wesel atau pengiriman lainnya.
  • Bisnis
    Akun yang Anda butuhkan untuk keperluan bisnis, dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional, mengonversi mata uang secara otomatis, tidak ada biaya admin yg tinggi & mahal seperti bank lokal.

Dengan jenis akun Wise diatas, Anda dapat memilih jenis akun yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Registrasi Akun Wise

Untuk mendaftar akun Wise, Anda cukup mengunjungi https://wise.com/register/ dan pilih jenis akun yang Anda inginkan.

Selain menggunakan formulir registrasi, Anda dapat menggunakan akun Apple, Google atau Facebook untuk mempercepat proses registrasi. Setelah menyelesaikan registrasi, Anda akan diarahkan ke halaman dasbor dan mulai meyiapkan mengirimkan uang.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Tentukan nominal, mata uang pengirim dan penerima

Pada bagian ini, Anda dapat memilih mata uang yang akan dikirim dan diterima. Mata uang dapat sama atau berbeda tergantung si pengirim. Khusus untuk dolar AS, Wise akan mengirimkannya langsung ke rekening bank penerima Anda.

Pilih jenis akun

Anda akan diminta memilih jenis akun yang akan digunakan, personal, bisnis atau atas nama orang lain (mewakili pembayaran orang lain). Pengiriman mata uang Rupiah/IDR hanya dapat menggunakan akun personal, tidak dapat menggunakan akun bisnis atau mewakili pembayaran orang lain.

Selanjutnya, isi dan lengkapi data diri Anda.

Pilih penerima

Anda dapat menentukan penerima dari uang yang Anda kirimkan, pengirim ini bisa orang lain, bisnis atau lembaga non profit atau bahkan diri Anda sendiri apabila Anda memiliki rekening di luar negeri.

Wise akan mengirimkan uang Anda ke bank lokal di negara tujuan sehingga pengiriman uang Anda aman sampai tujuan. Anda harus mengisi semua bagian formulir diatas, mulai dari nama, alamat, kota. Kemudian negara tujuan, nomor rekening, nomor routing dan jenis rekening (checking atau saving).

Verifikasi

Setelah mengisi informasi nomor, nama bank dan penerima, Anda akan melanjutkan proses verifikasi. Pada bagian ini Anda harus mengisi sumber dana yang akan dikirim. Hal ini untuk mencegah tindakan kejahatan seperti pencucian uang atau kejahatan lainnya.

Pada bagian sumber dana, terdapat beberapa pilihan, diantaranya gaji, investasi/saham dan pinjaman.
Selanjutnya, Anda harus memindai kode QR yang ditampilkan di layar untuk mengunggah dokumen resmi seperti KTP dan paspor yang masih berlaku.

Setelah memindai kode QR, pilih salah satu untuk dokumen yang akan diunggah, misalnya menggunakan KTP.

Selanjutnya, Anda harus menunggah bagian depan, belakang KTP dan foto selfi, sedangkan untuk paspor hanya bagian depan & selfi saja.

Setelah semuanya selesai, Anda akan ditanya alasan mengapa Anda mengirimkan uang ke luar negeri.
Anda dapat memilih satu dari pilihan diatas, misalnya mengirim uang untuk diri sendiri atau keluarga.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk meninjau kembali nama bank, nama pengirim, nomor rekening dan mata uang di negara tujuan.

Jika Anda yakin bahwa data yang dimasukkan telah sesuai, lanjutkan ke pembayaran untuk memilih metode pembayaran Anda.

Tangkapan layar diatas menampilkan metode pembayaran yang dapat Anda pilih, lengkap dengan informasi penerima, mata uang dan nominalnya. Anda dapat melanjutkan pembayaran Anda menggunakan metode pembayaran yang telah dipilih.

Langkah terakhir yang harus Anda selesaikan adalah mentrasfer uang sesuai nominal yang akan dikirimkan ke nomor rekening dan nama bank yang tertera pada bagian pembayaran, atas nama penerima TransferWise.

Apabila telah melakukan pembayaran, klik tombol "I've made my bank transfer" untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Setelah semuanya selesai, transaksi pengiriman uang Anda akan tampil di dasbor akun Wise Anda.

Penutup

Itulah dua metode pengiriman yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan uang ke luar negeri. Untuk transaksi pengiriman uang yang lebih cepat dan aman, kami menyarankan Wise untuk kegiatan pengiriman uang Anda ke luar negeri.