Mulai Menulis Di Platform Gratis Hashnode

Artikel adalah tulisan yang ditulis untuk konsumsi publik, artinya artikel dapat diakses oleh semua orang tanpa melihat wilayah. Tujuan utama artikel adalah mengabadikan catatan, pengalaman, ilmu maupun hal-hal penting lainnya kedalam tulisan yang dapat bertahan lama dan dapat dibaca oleh generasi yang akan datang.


Sebelum teknologi internet berkembang secara pesat, orang-orang menulis artikel di majalah, surat kabar ataupun jurnal. Namun semuanya berubah ketika internet dapat diakses secara luas oleh semua orang.

Banyak platform yang menawarkan tempat menulis artikel gratis, baik forum, sosial media maupun blog. Khusus untuk blog, ada dua jenis harga yang ditawarkan, yaitu gratis dan berbayar. Pengguna gratis dapat menulis di blog dengan beberapa batasan; untuk beberapa kasus. Sedangkan pengguna berbayar dapat mengakses fitur yang lebih lengkap.

Namun semuanya berbeda ketika Anda mulai menggunakan Hashnode.

Hashnode adalah cara termudah untuk memulai blog di sub-domain milik Hashnode atau bahkan domain Anda sendiri. Dan ini merupakan fitur yang dijadikan premium atau berbayar di banyak platform blog. Hashnode menjadikannya gratis untuk memudahkan semua orang memiliki blog dan dapat menulis apa yang ada di benak mereka.

Bagaimana cara memulai?

Hal yang perlu Anda lakukan pertama adalah membuat akun di website Hashnode.

Ada banyak opsi daftar yang dapat digunakan, Anda dapat menggunakan email, akun Google, GitHub, Microsoft, Facebook & GitHub.

Pilihlah salah satu metode untuk masuk dan lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil, mengisi username, nama lengkap, dan tagline atau slogan blog Anda.

Selanjutnya, buatlah nama untuk blog Anda.

Selanjutnya Anda akan mengatur url untuk blog Anda, dan inilah bagian paling menarik. Anda dapat menggunakan sub-domain dari Hashnode atau menggunakan domain Anda sendiri. Pada kesempatan ini kami akan menggunakan sub-domain dari Hashnode, namun Anda dapat mencoba menggunakan domain milik sendiri apabila telah memiliki domain.

Semuanya telah selesai dan Anda siap untuk menulis. Masuk ke dasbor Hashnode Anda dan mulailah menulis.

Apa yang menarik dari Hashnode?

Hashnode memiliki fitur yang bisa dibilang lebih baik dari WordPress atau Drupal dalam untuk menulis artikel. Dari dasbor Hashnode, Anda dapat mengatur tampilan, menu, SEO, halaman dan masih banyak lagi.

Selain itu, dasbor Hashnode Anda dilengkapi dengan fitur Analytic untuk melihat grafik pengunjung, Newsletter untuk mengelola buletin Anda, Integration yang dapat digunakan untuk menghubungkan blog Anda ke Google Analytics, Facebook Pixel, Hotjar Plausible, tag kustom seperti Google Tag Manager dan masih banyak lagi.

Untuk menerbitkan artikel, terdapat menu Post, Drafts, Series dan Pages yang dapat anda gunakan untuk menulis dan menerbitkan artikel Anda.

Fitur lainnya adalah backup. Hashnode dapat mencadangkan blog Anda ke GitHub, juga dapat mengimpor dan mengekspor konten Anda.

Untuk mempertajam SEO blog Anda, Hashnode telah dilengkapi dengan sitemap, rss dan AMP secara default. Lupakan plugin AMP atau SEO yang ribet itu!

Program Ambassador

Bergabunglah dengan program duta besar dan menangkan T-Shirt Hashnode eksklusif.

Dengan menjadi Ambassador, Anda akan mendapatkan fitur seperti:

  • Fitur Beta
  • Gold Profile Ring
  • Riwayat Bacaan
  • Siapa Yang Menyukai Artikel Anda
  • CSS Kustom
  • Kode Sumber dari GitHub
  • Grup Ekslusif Discord

Anda dapat menjadi Hashnode Ambassador melalui link ini.

Investor Hashnode

Hashnode dibiayai oleh investor terkemuka Accel Partners dan Surge by Sequoia Capital. Serta dukungan dari investor pribadi seperti Naval Ravikant (Founder AngelList), Guillermo Rauch (Co-founder Vercel), Christopher Golda (Founder Rogue Capital), Harshil Mathur (Co-founder Razorpay), Girish Mathrubootham (Founder Freshworks) dan masih banyak lagi.

Coba Hashnode

Langganan Newsletter MauCariApa.com

Dapatkan artikel terbaru langsung ke email Anda. Kami mengirimkan newsletter mingguan, bukan spam!

Open Source
CMS
Rekomendasi
Hashnode
Share: