Membuat Formulir Registrasi Calon Kepala Desa (Kades) Menggunakan Multi-Step Formidable Forms

the 20 best online form builders for you in 2020

Formulir atau biasa disebut form merupakan hal yang lazim dalam kehidupan kita di era internet ini. Formulir merupakan dokumen terstruktur dengan pengaturan tetap. Ini dapat dilakukan dengan cara membuat satu atau beberapa langkah yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dengan cara logis dan komunikatif.

Formulir dapat digunakan untuk membuat form registrasi, kuis, survey, pendaftaran sekolah, rekam medis dan masih banyak lagi. Untuk menerapkannya, terutama di WordPress. Anda harus menggunakan plugin formulir yang tepat seperti Formidable Forms yang dapat membuat formulir satu atau beberapa langkah (multi-step).

Fitur & Keunggulan Formidable Forms

Formidable Forms dirancang untuk tidak membuat situs WordPress Anda lambat. Alih-alih memuat CSS & JS di semua halaman, Formidable hanya akan memuatnya pada halaman yang menampilkan formulir saja, sehingga tidak menganggu kinerja dan performa situs web Anda.

Anda juga dapat membuat berbagai jenis formulir seperti form pendaftaran, survey dan lainnya dengan Formidable Forms. Formulir ini juga dapat dibuat menjadi single-step dan multi-step yang merupakan salah satu keunggulan dari Formidable Forms.

Selain itu, Formidable Forms menyediakan addons yang lengkap seperti PayPal, MailChimp, WooCommerce dan masih banyak lagi.

Mengatur SMTP Di WordPress

Sebelum membuat formulir di Formidable, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat situs WordPress kita dapat mengirimkan email dengan benar. Ada banyak plugin SMTP yang dapat mengirimkan email dari situs WordPress. Salah satunya yaitu Post SMTP dan WP Mail SMTP.

Membuat Formulir Di Formidable Forms

Sekarang kita akan membuat formulir registrasi dengan metode multi-step, yaitu formulir akan ditampilkan dalam beberapa layar yang biasanya akan memperlihatkan progress bar atau deret angka.

Di dasbor WordPress, Anda dapat mengakses menu Formidable > Forms, kemudian klik + Add New untuk membuat formulir baru.

1d69c2e5

Setelah itu, akan tampil opsi untuk membuat formulir dari templat yang ada atau tanpa templat. Untuk pembuatan formulir ini, kita tidak akan menggunakan templat dan memilih Blank Form.

Buat Judul Formulir

Setelah memilih jenis formulir, kita akan memasukkan judul formulir dengan nama Pendaftaran Calon Kepala Desa seperti gambar dibawah ini.

d678cfb8

Setelah mengisi judul formulir, Formidable akan menampilkan formulir kosong di sebelah kanan, dan bilah alat di sebelah kiri. Bilah alat ini diantaranya yaitu bidang Text, Paragraph, Radio Button, Email, reCHAPTCHA dan lainnya.

e46a035a

Membuat Bagian Data Diri Calon Kades

Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu membuat Section dengan judul Data Diri, berisi kolom nama, tempat tanggal lahir, alamat dan nomor telepon.

screenshot 2021 06 09 142306

Membuat Bagian Persyaratan

Setelah selesai membuat bagian data diri, langkah selanjutnya yaitu membuat bagian persyaratan yang diperlukan untuk memenuhi syarat menjadi kepala desa. Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan bidang unggah file yang akan digunakan untuk mengunggah semua file-file persyaratan calon kepala desa.

Untuk memisahkan bagian data diri dan persyaratan, kita dapat menggunakan fitur Page Break yang digunakan untuk memisahkan formulir menjadi beberapa halaman.

70a363ff

Pada bagian ini, kita akan menggunakan fitur File Upload yang akan digunakan menggunggah semua persyaratan yang wajib dikirim oleh calon kepala desa. Anda dapat menduplikat bidang File Upload yang telah dibuat dan mengubah judulnya dengan yang lain. Ini untuk mempercepat pekerjaan Anda dalam membuat formulir.

Bagian Persetujuan Dan Akhir Formulir

Bidang Persetujuan

Pada bagian persetujuan yang berada di akhir formulir, akan diisi dengan beberapa bidang seperti pernyataan setuju bahwa calon kepala desa telah mengisi formulir dengan data yang sebenarnya, mengirim semua persyaratan secara lengkap.

Fitur Tanda Tangan

Salah satu fitur unik dari Formidable Forms yaitu Anda dapat menambahkan kolom tanda tangan (signature) yang dapat digunakan untuk membuat tanda tangan sebelum formulir dikirimkan. Pada kasus ini, kita akan membuat kolom tanda tangan sebagai bukti bahwa calon kepala desa secara sadar dan tanpa paksaan telah mengisi semua bidang pada formulir tersebut.

Perlindungan Spam

Untuk melindungi formulir dari robot dan spam, Anda dapat menggunakan fitur reCHAPTCHA yang telah disediakan di Formidable Forms. Namun sebelum dapat menggunakan fitur ini, Anda harus mengaturnya di menu Global Settings dengan memasukkan Site Key & Site Secret yang sebelumnya telah dibuat di https://www.google.com/recaptcha/about. Pada pengaturan ini, Anda dapat memilih opsi reCHAPTCHA v2 Checkbox atau Invisible.

4b8f551a

Setelah pengaturan reCHAPTCHA selesai, Anda dapat menambahkan bidang reCHAPTCHA dan fitur ini akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pengaturan Formulir

Pada saat mengedit formulir, Anda dapat membuat beberapa perubahan pada pengaturan formulir dengan mengklik menu Settings. Pada pengaturan formulir, Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat mengakses formulir, tindakan ketika pengguna mengirimkan formulir (apakah akan menampilkan pesan atau akan diarahkan ke halaman lain). Anda juga dapat mengatur jadwal formulir tersebut dibuka, ditutup atau entri dibatasi secara otomatis berdasarkan waktu dan tanggal yang telah ditetapkan.

Selain itu, Anda juga dapat membuat notifikasi ketika ada entri masuk, misalnya melalui email. Jadi ketika pengguna mengisi formulir Anda, situs WordPress secara otomatis akan memberitahukan Anda bahwa ada pengguna yang telah mengisi formulir yang datanya disimpan pada database WordPress. Sedangkan salinan datanya akan dikirimkan kepada Anda melalui email.

Entri Formulir

Entri atau isian formulir akan disimpan pada database situs WordPress Anda dan salinannya akan dikirim melalui email (apabila situs WordPress Anda telah dikonfigurasi agar dapat mengirimkan email).

975dd0ef

Untuk melihat entri formulir Anda, masuk ke menu Formidable di dasbor WordPress Anda, kemudian masuk ke menu Entries. pada menu tersebut, Anda akan melihat berapa banyak entri yang masuk atau berapa pengguna yang telah mengisi formulir Anda.

Uji Coba Formulir

Kami telah membuat rekaman layar untuk menguji formulir registrasi calon kepala desa ini, Berikut ini adalah videonya:

Kesimpulan

Tujuan utama suatu formulir dibuat multi-step atau dipisah menjadi beberapa langkah yaitu agar pengguna tetap fokus dalam mengisi data yang harus diisi pada formulir. Ini juga dapat membantu penglihatan mereka agar tidak teralihkan ke bagian lain sebelum bagian yang sedang mereka isi selesai dilengkapi. Selain itu, penggunaan kolom tanda tangan terutama untuk formulir yang penting seperti registrasi calon kepala desa, calon camat dan data penting lainnya dapat menjadi bukti bahwa pengguna yang bersangkutan pernah mengisi data pada formulir tersebut.

Fitur kolom tanda tangan ini hanya tersedia pada plugin formulir Formidable Forms yang mudah digunakan, memiliki integrasi dan fitur yang lengkap.

Dukung kami di: KaryaKarsa | Nih Buat Jajan

Dapatkan Canva Pro gratis disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MauCariApa.com mungkin mendapatkan komisi dari merujuk pengunjung ke produk, perangkat lunak, dan layanan menggunakan kemitraan afiliasi.