Pentingnya Menghargai Karya, Lisensi & Hak Cipta

Bagaimana tidak, pengembang/pemilik hak cipta mencurahkan waktu, tenaga dan biaya untuk membuatnya, dan dengan mudahnya ada orang yang dengan tiba-tiba mengaku bahkan menjual produk tersebut tanpa rasa bersalah. Memang, hal seperti masih dianggap lumrah, namun seharusnya kita mulai memperhatikan hal ini sebagai masalah besar yang jadi tanggungjawab kita bersama.

Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja yang digunakan oleh website kami menggunakan beberapa proyek open source dengan lisensi yang berbeda-beda, mari kita bahas satu-persatu:

Website

Kami menggunakan WordPress sebagai website kami, selain karena antarmuka yang mudah, fungsionalitasnya sangat lengkap sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. WordPress merupakan CMS yang dibangun diatas PHP & MySQL dengan lisensi GPL. Merupakan penerus resmi b2/cafelog yang buatan Michel Valdrighi pada 2001, namun WordPress sendiri pertama kali dirilis pada 2003 oleh Matt Mullenweg.

Logo

Kami menggunakan logo Vector Icon M oleh varnonejoez dari Canva (Pro) dengan lisensi Izin penggunaan untuk satu desain.

Gambar

Kami biasanya mengambil gambar dari Pexels dengan lisensi Free to Use. Artinya gambar boleh digunakan tanpa mencantumkan credit/sumber, namun mereka mengapresiasi pencantuman credit/sumber gambar.

Itulah beberapa proyek open source dengan lisensi yang berbeda satu sama lain, namun tetap saja kita punya tanggungjawab untuk menghormati karya & hak cipta orang lain. Karena akan sangat menyakitkan bila kita berada di posisi orang yang karya atau hak ciptanya digunakan seenaknya oleh orang lain.