Israel hibahkan $3,2 Miliar untuk pabrik chip milik Intel senilai $25 Miliar

intel israel waferfab.jpg

Nilai investasi ini disebut-sebut sebagai investasi terbesar yang pernah dilakukan sebuah perusahaan di Israel.

Berita ini muncul ketika Israel masih terlibat dalam perang dengan kelompok militan Palestina, Hamas, setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober. Hal ini merupakan wujud dukungan besar dari sebuah perusahaan besar AS dan tawaran murah hati dari pemerintah Israel pada saat Israel sedang berperang. Washington telah meningkatkan tekanan pada Israel untuk mengambil langkah lebih lanjut guna meminimalkan kerugian sipil di Gaza.

Rencana perluasan lokasi Kiryat Gat yang berjarak 42 km (26 mil) dari Gaza yang dikuasai Hamas merupakan “bagian penting dari upaya Intel untuk mendorong rantai pasokan global yang lebih tangguh, di samping investasi manufaktur perusahaan yang sedang berlangsung dan terencana di Eropa dan Timur Tengah.” Amerika Serikat,” kata Intel dalam sebuah pernyataan.

Di bawah CEO Pat Gelsinger, Intel telah menginvestasikan miliaran dolar dalam membangun pabrik di tiga benua untuk mengembalikan dominasinya dalam pembuatan chip dan bersaing lebih baik dengan pesaingnya AMD, Nvidia dan Samsung. Pabrik baru di Israel ini merupakan investasi terbaru pembuat chip AS tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Intel berencana menghabiskan lebih dari 30 miliar euro ($33 miliar) untuk mengembangkan dua pabrik pembuatan chip di Magdeburg, sebagai bagian dari upaya investasi bernilai miliaran dolar di seluruh Eropa untuk membangun kapasitas chip. Berlin telah menjanjikan subsidi besar untuk menarik investasi asing terbesar di Jerman.

Pada tahun 2022, Intel mengatakan akan berinvestasi hingga $100 miliar untuk membangun kompleks pembuatan chip terbesar di dunia di Ohio dan saingannya Samsung dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co atau TSMC juga telah mengumumkan rencana investasi besar di AS.

Kementerian keuangan dan ekonomi Israel mengatakan investasi Intel, terutama pada periode ini dan mengingat persaingan global untuk menarik investasi signifikan di bidang chip, merupakan ekspresi kepercayaan yang signifikan terhadap perekonomian Israel.

Recommended:  Ubuntu 23.04 Lunar Lobster telah masuk fase End Of Life (EOL)

Mereka mengatakan investasi tersebut mempunyai manfaat fiskal langsung bagi Israel yang jauh lebih tinggi dibandingkan hibah negara.

“Investasi ini, pada saat Israel mengobarkan perang melawan kejahatan, perang di mana kebaikan harus mengalahkan kejahatan, adalah investasi pada nilai-nilai yang benar dan benar yang berarti kemajuan bagi umat manusia,” kata Menteri Keuangan Bezalel Smotrich.

Selain hibah yang berjumlah 12,8% dari total investasi, pembuat chip tersebut juga berkomitmen untuk membeli barang dan jasa senilai 60 miliar shekel ($16,6 miliar) dari pemasok Israel selama dekade berikutnya, sementara fasilitas baru ini diperkirakan akan menciptakan beberapa manfaat bagi perusahaan. seribu pekerjaan.

Intel hadir di Israel pada tahun 1974 dan sekarang mengoperasikan empat lokasi pengembangan dan produksi di Israel, termasuk pabrik manufakturnya di Kiryat Gat yang disebut Fab 28 yang memproduksi teknologi Intel 7, atau chip 10 nanometer, dan mempekerjakan hampir 12.000 orang di negara tersebut sementara secara tidak langsung mempekerjakan 42.000 orang lagi.


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts to your email.

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading