helios

Helios Informatika Nusantara Gandeng Tencent Cloud Atasi Tantangan Adopsi Cloud di Indonesia 

PT Helios Informatika Nusantara (Helios), penyedia solusi infrastruktur, cloud dan digital sekaligus anak perusahaan CTI Group mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Tencent Cloud, bisnis cloud dari perusahaan teknologi global Tencent, untuk menyediakan penawaran cloud yang stabil dan aman untuk berbagai industri dan membantu bisnis dalam mengatasi tantangan perjalanan cloud di Indonesia.

📢 Info
Artikel mungkin berisi link afiliasi, kami menerima sedikit komisi dari link tersebut.

 

Kerjasama ini merupakan salah satu langkah Helios mengoptimalkan perjalanan digital Indonesia, melihat peningkatan adopsi cloud yang signifikan baik di bisnis skala enterprise maupun UMKM, yang semakin dipercepat akibat pandemi Covid-19. Meski penggunaan teknologi cloud sudah semakin lazim, perusahaan-perusahaan Tanah Air masih menghadapi berbagai hambatan dalam melakukan transformasi digital.

Dalam survei PricewaterhouseCoopers atau PwC bertajuk “The Impact of Cloud Computing on the Indonesian Economy” pada 2021 lalu, beberapa tantangan yang dihadapi bisnis skala enterprise di Indonesia adalah keterbatasan keahlian SDM (70%), biaya implementasi (60%), kebutuhan dan regulasi terkait data center lokal (50%) serta kebutuhan untuk cloud yang aman, mudah dikelola dan andal (reliability) (40%). Sedangkan tantangan yang dialami bisnis UMKM cenderung mengarah pada kebutuhan cloud yang mudah digunakan (usability), biaya yang efisien, konektivitas, dan dukungan (support).

“Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan di Indonesia yang meyakini pentingnya digitalisasi, permintaan teknologi cloud dari semua industri dan bidang telah meningkat. Kami senang bisa menggandeng teknologi Tencent Cloud yang dikenal dengan teknologi yang highperformance dan reliable, sehingga bisa membantu kami mencapai tujuan kami untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah adopsi cloud yang dialami pelaku bisnis di Indonesia, seperti infrastruktur cloud yang tidak sesuai dengan kemampuan internal perusahaan atau regulasi eksternal. Kami berharap pengumuman kemitraan hari ini hanyalah awal dari lebih banyak kolaborasi, karena kedepannya Helios dan Tencent Cloud akan terus bekerjasama untuk membantu perusahaan beradaptasi dengan tren digitalisasi dan teknologi cloud yang terus berkembang,” ujar Royani Lo, selaku Presiden Direktur Helios.

“Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman kami dalam inovasi teknologi dan fondasi infrastruktur yang kuat, Tencent Cloud siap untuk menyediakan layanan cloud yang berkinerja tinggi, easy-to-maintain, cerdas, dan fleksibel bagi perusahaan-perusahaan Indonesia. Melalui kolaborasi kami dengan Helios, kami berharap dapat lebih mempercepat perjalanan transformasi digital di berbagai industri,” ujar Kenneth Siow, Regional Director for Southeast Asia and General Manager of Singapore, Malaysia, and Indonesia, Tencent Cloud International.

Melalui Helios, Tencent Cloud menawarkan solusi cloud end-to-end untuk mendukung perkembangan digital di Indonesia, khususnya di sektor retail, mediadan perbankan. Dimana di Indonesia, sektor perbankan telah bergeser ke layanan digital dan membutuhkan solusi untuk mengelola data nasabah yang masif. Tencent Cloud memberikan solusi seperti TDSQL yang dapat membantu pelaku industri perbankan seperti Bank Neo Commerce, memproses jutaan transaksi dengan cepat dan aman. Tencent Cloud juga memiliki dua internet data center di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi yang membuktikan standar keselamatan dan keamanan tingkat tinggi, seperti Uptime Institute Tier III – Design & Facility, PCI DSS, ISO 27001, ISO 14001 dan SNI.

Selain itu, Tencent Cloud juga menyediakan solusi “China Connect” untuk membantu perusahaan Indonesia yang ingin memperluas bisnis mereka ke Tiongkok dengan menyediakan rangkaian layanan yang komprehensif dengan panduan dan dukungan untuk menjalankan dan menjalankan operasi mereka di Tiongkok, termasuk pendaftaran bisnis, solusi keamanan dan analisis data, aplikasi Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS) terkemuka, aplikasi enterprise-level, serta paket solusi Go-To-Market. Selaku mitra strategis, Helios memiliki channel partner dan customer yang luas untuk membantu memperluas pasar Tencent Cloud di Indonesia. Didukung dengan layanan lokal dimana Helios menawarkan support 24 jam kepada para pengguna oleh tim engineer yang berpengalaman dalam pengembangan aplikasi, dan memberikan konsultasi dengan kecerdasan teknis, yang bila dikombinasikan dengan rangkaian produk dan solusi Tencent Cloud, dapat memberikan pengalaman pelanggan maksimal perjalanan transformasi cloud mereka.





Tanggal:

| Topik:

Penulis:


Sumber pendapatan MauCariApa.com berasal dari iklan dan tautan afiliasi, kami akan mendapat komisi kecil. Tetapi ada beberapa cara lain seperti berkontribusi pada platform Nih Buat JajanPayPal, atau dengan membeli karya Belajar WordPress (seri artikel ini gratis, pembelian dimaksudkan sebagai pengganti donasi).


 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *