Cloudflare Akan Menyetop Railgun Pada 2024

cloudflare railgun.jpg
July 10, 2023
Share

Cloudflare pertama kali meluncurkan Railgun lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Sejak saat itu, Cloudflare aktif membuat produk yang dapat dikolaborasikan dengan Railgun, di area produk berbeda.

Namun akhirnya, Railgun dianggap gagal mencapai tujuannya sehingga pengguna tidak banyak mengadopsi produk tersebut, Cloudflare hanya membuang-buang waktu dan biaya jika tetap memelihara produk tersebut, alih-alih memelihara produk lainnya yang lebih menguntungkan.

Pengguna Railgun diharapkan dapat menyelesaikan upaya migrasi dalam kurun waktu delapan bulan, tim dukungan Cloudflare akan membantu kesulitan pelanggan jika terjadi kendala selama proses migrasi.

Apa itu Railgun?

Railgun adalah reverse proxy yang bertujuan mengamankan dan mempercepat pemuatan aplikasi pengguna dengan menempatkan pusat data Cloudflare di lebih dari 258 kota yang tersebar di seluruh belahan dunia, sehingga pusat data Cloudflare lebih dekat dengan pelanggan dan audiens mereka.

Server tanpa menggunakan Railgun. Image credit: Cloudflare
Server menggunakan Railgun. Image credit: Cloudflare

Mengapa Railgun dihentikan?

Rilis terakhir Railgun adalah tahun 2015, artinya pembaruan untuk produk ini terjadi delapan tahun lalu. Kemungkinan Railgun memang sudah direncanakan untuk dihentikan namun Cloudflare belum menemukan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Mereka percaya bahwa produk tidak boleh ditinggalkan hanya karena pengembangan aktif berhenti. Penghentian hanya dilakukan apabila:

  • Pemeliharaan berdampak pada kemampuan untuk fokus pada pemecahan masalah baru bagi pelanggan.
  • Ketika ada alternatif yang lebih baik untuk diadopsi pelanggan sebagai pengganti.

Nampaknya kedua pernyataan diatas cocok dengan produk Railgun yang sudah tidak dipelihara, Cloudflare juga telah menemukan alternatif baru sehingga Railgun sudah tidak diperlukan. Namun karena masih banyak digunakan oleh pengguna, Cloudflare masih memikirkan cara bagaimana menyetop produk ini. Karena sejatinya, produk ini sudah ditinggalkan sehingga tidak diurus lagi oleh tim mereka.

Cloudflare tidak akan sanggup jika terus-menerus mempertahankan Railgun, mereka hanya akan membebani kinerja perusahaan dan mengganggu stabilitasnya.

Alternatif apa yang tersedia?

Sebagai alternatif dari Railgun, pengguna dapat menggunakan Cloudflare Tunnel untuk menghubungkan infrastruktur mereka ke jaringan Cloudflare tanpa perlu membuka alamat IP publik. Perangkat lunak Cloudflare Tunnel berjalan di lingkungan pengguna, mirip dengan Railgun, membuat koneksi hanya keluar ke jaringan Cloudflare. Tunnel tersedia tanpa biaya.

Recommended:  Seagate Didenda $300 Juta Karena Menjual Produknya Ke Huawei