Indonesia Website Awards

Cara Memperbaiki Error 1310. Error Writing To File

b68aa0a6.jpg

Dongle bluetooth ini katanya bisa jalan di hackintosh tanpa perlu kext atau driver. Ternyata benar, saya coba colok ke laptop langsung terdeteksi di Big Sur.

Saya coba cari driver yang cocok untuk dongle ini, dan ketemu di website Orico Thailand, yang mengatakan bahwa Orico BTA-403 menggunakan driver CSR Harmony (lengkapnya CSR Harmony Software Stack).

Kendala 1310

Sayangnya ketika dipakai di Windows (saya menggunakan dualboot Windows dan Hackintosh), terjadi sedikit kendala ketika menggunakan dongle ini di Windows 11 tidak terdeteksi adanya dongle Orico BTA-403, tetapi hanya terdeteksi Generic Bluetooth Radio.

Setelah saya unduh dan coba untuk menginstalnya, terjadi kendala lain, yaitu terdapat error 1310, dari informasi yang tertera di layar, nampaknya proses instalasi terganggu karena installer tidak dapat menulis file csrcplhelper.exe.mui ke direktori C:\WINDOWS\system32\en-us\ (beberapa kasus ada yang es-ES, en-GB dan lain-lain tergantung region yang digunakan di Windows).
Pesan lengkapnya seperti ini: “Error writing to file: C:\WINDOWS\system32\en-us\csrcplhelper.exe.mui Verify that you have access to that directory.”

d891e043

Jika kita klik Abort, maka instalasi akan dibatalkan dengan muncul pesan pada layar “Rolling back installation”, sedangkan mengklik tombol Retry tidak berpengaruh apa-apa dan tombol Ignore akan membatalkan instalasi.

Solusi

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan aplikasi AdvancedRun, dengan aplikasi tersebut kita dapat mengambil alih kepemilikan direktori yang bermasalah tadi (seperti direktori en-US).

5b5e881e

Kita cukup isikan CMD.exe di kolom Program to Run dan Run As pilih TrustedInstaller. Setelah itu, layar CMD akan terbuka (sebagai Administrator), kemudian isikan baris perintah ini:

  • icacls c:\windows\system32\en-us /grant administrators:F
  • icacls c:\windows\system32\en-us /grant “NT AUTHORITY\SYSTEM”:F

(Untuk setiap perintah, Anda akan melihat pesan di layar “Successfully processed 1 files; Failed processing 0 files” jika perintah berhasil dieksekusi.)

Log baris perintah yang berhasil dan gagal dieksekusi:

Recommended:  Cara Install CloudPanel Pada VPS Ubuntu 22

4ced0cb5

Setelah baris perintah diatas berhasil dieksekusi, klik Retry pada instalasi CSR Harmony tadi, jika tidak ada masalah, proses instalasi akan dilanjutkan hingga selesai. Namun jika tidak, misalnya terjadi error 1310 pada direktori lain, cukup eksekusi ulang perintah diatas dan ganti direktori c:\windows\system32\en-us dengan direktori yang bermasalah.

Penutup

Trik ini tidak hanya berguna untuk instalasi driver dongle bluetooth Orico, namun untuk semua instalasi yang menampilkan kode error 1310. Semoga artikel ini bermanfaat.