oracle cloud oci oracle cloud oci

Cara membuat akun Oracle Cloud Insfrastructure (OCI)

Untuk membuat akun OCI, kita dapat langsung mengunjungi situs resminya, lakukan registrasi dengan memilih Start for free.

Setelah memilih opsi tersebut, kita akan diminta mengisi beberapa formulir untuk melengkapi registrasi akun OCI, proses ini hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit saja, jadi cukup cepat. Siapkan beberapa data penting seperti kartu kredit/debit, nama, alamat, dan nomor ponsel.

Berikut ini langkah-langkah registrasi Oracle Cloud Insfrastructure (OCI)

Registrasi di situs resmi OCI

Buka halaman https://www.oracle.com/id/cloud/free, kemudian pilih opsi Start for free, selanjutnya kita akan mengisi formulir pertama yaitu nama, alamat email dan negara asal.

a1193da1

Isi formulir akun

Lanjutkan dengan mengisi formulir nama lengkap, negara asal, alamat email.

4185ca1f

Email verifikasi akan dikirimkan, dan berlaku selama 30 menit. Jika Anda tidak mendapatkan email verifikasi, coba lagi setelah 2 menit.

497ded21

Verifikasi alamat email

Selanjutnya klik verify my email; email berisi tautan verifikasi akan dikirimkan ke email terdaftar. Setelah email verifikasi diterima, klik tautan dibawah teks “please verify your email address by clicking below”.

353ce1b8

Setelah berhasil, lanjutkan mengisi formulir untuk mengisi kata sandi, nama akun cloud dan tipe akun.

92381011

Setelah selesai, centang kotak “By selecting this box”, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

a8e2353e

Info pembayaran

Selanjutnya, tambahkan info pembayaran memverifikasi pembuatan akun. OCI saat ini hanya mendukung kartu kredit/debit Visa, MasterCard dan America Express (Amex).

eb87b075

Klik tombol Credit Card dan isi data pembayaran seperti nama pemegang kartu, masa aktif, dan kode rahasia CVC/CVN.

1301f550

Jika penambahan metode pembayaran telah terverifikasi, OCI akan menampilkan pesan seperti dibawah ini. Penyedia kartu (Visa/MasterCard/Amex) akan membuat transaksi dan menarik dana $1, kemudian akan dikembalikan. Hal ini untuk tujuan verifikasi kartu, apakah kartu yang tersebut aktif atau tidak.

abe4c0aa

Pembuatan akun selesai

Setelah semua langkah diatas selesai, selanjutnya kita klik tombol Start my free trial, jangan lupa centang kotak di bagian Agreement.

fc78a4e2

Setelah di klik, Anda akan diminta mengaktifkan verifikasi dua langkah 2FA, menggunakan aplikasi Google Authenticator, Microsoft Authenticator, SMS, dan aplikasi lain. Setelah distel, pembuatan akun sudah selesai, Anda akan menerima email bahwa akun Anda sudah siap digunakan.

401e1b13

Masuk ke dasbor OCI

Buka halaman https://www.oracle.com/id/cloud/sign-in.html, masukkan nama akun cloud kemudian klik Next untuk melanjutkan.

65171310

Setelah mengisi nama akun cloud, isi alamat email dan kata sandi yang telah dibuat pada langkah pertama dan kedua.

63b43b3e

Jika proses login berhasil, Anda akan diarahkan ke dasbor OCI. Setelah masuk, Anda dapat membuat VM baru pada menu Compute, membuat database atau layanan OCI lainnya.

c59863c3

Penutup

Selama masa percobaan, pengguna akan mendapatkan kredit sebesar 400 SGD yang berlaku untuk waktu terbatas. Jika Anda tidak berminat untuk meningkatkan tingkat akun dari gratis ke berbayar, Sebaiknya gunakan layanan yang masuk ke tipe harga Always Free.

Always Free mencakup layanan Compute:

  • Instans mikro (prosesor AMD): Semua penyewaan mendapatkan hingga dua instans VM Selalu Gratis menggunakan bentuk VM.Standard.E2.1.Micro, yang memiliki prosesor AMD.
  • Instans Komputasi Ampere A1 (Prosesor Arm): Semua penyewa mendapatkan 3.000 jam OCPU pertama dan 18.000 GB jam per bulan secara gratis untuk instans VM yang menggunakan bentuk VM.Standard.A1.Flex, yang memiliki prosesor Arm. Untuk penyewaan Selalu Gratis, ini setara dengan 4 OCPU dan memori 24 GB.

Compute adalah layanan untuk membuat VPS, yang nantinya dapat digunakan untuk layanan web seperti WordPress atau server aplikasi seluler.


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

Leave a Reply

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading