Authy hentikan aplikasi desktop lebih awal

twilio authy stop desktop app.png
February 25, 2024

Salah satu layanan 2FA yang cukup populer, Authy akan fokus di mobile saja, setelah mereka memutuskan untuk menghentikan dukungan aplikasi desktop. Sehingga pengguna hanya dapat menggunakan layanan 2FA di ponsel mereka alih-alih di PC atau Desktop.

Pengguna Authy @gergelyorosz_ berbagi di Threads ia menerima email yang memberitahukan penghentian aplikasi desktop untuk layanan 2FA Authy. Perusahaan juga memperbarui halaman dukungan bisnisnya yang membahas tanggal akhir masa pakai autentikator desktop. Di dalamnya, Twilio kini mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan ditutup pada 19 Maret 2024. Perusahaan mencatat bahwa sebelumnya mereka berencana untuk menghapusnya pada bulan Agustus.

Untungnya Twilio membawa kabar baik untuk pengguna Mac yang menggunakan chip M, karena aplikasi iOS dapat berjalan dengan baik pada perangkat yang menggunakan chip tersebut, sama halnya dengan cara kerja aplikasi Android Authy di Chromebook.

Pengguna yang lebih menyukai aplikasi desktop ketimbang mobile, atau mereka yang tidak memiliki perangkat keras yang mendukung aplikasi seluler, Authy merekomendasikan beberapa aplikasi dari kompetitor mereka, salah satunya 1Password dan KeePass yang gratis dan open source.

Dengan dimajukannya tanggal penghentian aplikasi desktop Authy, tampaknya Twilio ingin berfokus ke ranah mobile dan meningkatkan layanan aplikasinya disana. Hal ini ditandai dengan adanya desain ulang aplikasi secara besar-besaran yang baru saja bermunculan di aplikasi seluler mereka.

Sebenarnya banyak aplikasi yang hanya tersedia di mobile, bahkan ada yang secara ekslusif hanya tersedia di Play Store maupun App Store, jadi Authy akan mengikuti jejak aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan begitu, Twilio akan mengeluarkan biaya lebih sedikit untuk pengembangan aplikasi Authy.

Authy awalnya adalah startup yang menawarkan layanan 2FA kepada konsumen dan perusahaan. Pada tahun 2015, perusahaan ini dibeli oleh Twilio, yang melengkapi bisnis dengan alat untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui SMS, panggilan, dan lainnya.

Recommended:  Tim ParanoidAndroid Rilis Android 13 Untuk Pixel 7 Series