pixelbuilds rom.jpg pixelbuilds rom.jpg

Android 14 kini tersedia untuk perangkat Pixel lawas

Secara resmi Google memberikan dukungan Android 14 untuk perangkat Pixel 4a (5G) hingga Pixel 8, sedangkan untuk Pixel 4 dan 4 XL sudah tidak didukung lagi.

Namun, prinsip open source Android yang kuat telah menjadikan komunitas Android, termasuk Pixel menjadi kuat dan mampu mengembangkan versi Android mereka berdasarkan kode sumber AOSP (Android Open Source Project). Salah satu contoh project ini adalah PixelExperience yang menghadirkan pengalaman Android khusus Pixel untuk perangkat non-Pixel maupun perangkat Pixel yang sudah lawas (misalnya Pixel 2 atau 3).

Dengan begitu, perangkat yang sudah tidak didukung secara resmi oleh Google, tetap mendapatkan pembaruan seperti peningkatan versi Android yang sama dengan yang dirilis oleh Google.

Perangkat yang didukung

Sayangnya, PixelExperience untuk Pixel 2 – 4a hanya sampai versi Android 13, karena dua pengembangnya, PixelBoot dan ExactExampl memutuskan untuk membangun proyek baru yang dinamakan PixelBuilds.

PixelBuilds sudah merilis ROM Android 14 perdana mereka pada Oktober-Desember 2023 untuk beberapa perangkat Pixel, Motorola dan Xiaomi. Saat ini, perangkat yang didukung masih sangat sedikit, namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu.

Perangkat Pixel yang didukung oleh PixelBuilds. Image credit: MauCariApa.com/PixelBuilds

Kunjungi situs ini untuk melihat perangkat yang didukung atau mengunduh ROM Android 14 versi PixelBuilds.

Penutup

Sama seperti komunitas Android lainnya, Android 14 yang dirilis oleh PixelBuilds sangat bergantung pada perangkat, ada beberapa perangkat yang sudah stabil dan dapat digunakan sehari-sehari, ada yang baru dirilis dan ada yang belum memiliki ROM sama sekali. Hal ini karena kurangnya maintainer yang bertanggungjawab pada tiap perangkat.


Discover more from MauCariApa.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

Leave a Reply

Discover more from MauCariApa.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading