Android, sistem operasi milik Google ini baru saja merilis versi terbarunya yaitu Android 13 dengan nama kode ‘Tiramisu’.

Pembaruan ini sebelumnya tersedia untuk perangkat milik Google, Pixel melalui channel Developer Preview kemudian masuk versi Beta dan rilis final. Meskipun Android 13 telah resmi dirilis oleh Google, tampaknya vendor tidak langsung melakukan pembaruan; ini karena beberapa diantaranya menggunakan custom ROM seperti One UI milik Samsung.

Namun, beberapa laporan menyebutkan bahwa Samsung sedang bersiap merilis pembaruan Android 13 dan One UI 5 untuk perangkat flagship Samsung seperti Galaxy S21 FE, Galaxy Tab S8 Wi-Fi Only, dan Galaxy Tab S7. Sedangkan untuk perangkat high-end, baru Samsung Galaxy A71 yang dikabarkan akan mendapatkan pembaruan. Perangkat lainnya kemungkinan akan mendapatkan pembaruan pada awal atau pertengahan 2023 mendatang.

Pembaruan dapat dilakukan secara manual dengan melakukan flash image yang diunduh dari website sammobile.com atau tunggu pembaruan OTA (Over the Air) yang akan langsung di instal pada perangkat Anda.

Sejauh ini, Samsung cukup cepat dalam melakukan pembaruan pada perangkat flagship dan high-end mereka; sedikit lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.