5 Plugin 2FA Untuk Keamanan WordPress Anda

Pada 2017, WordPress mendukung hampir 29% dari semua situs di seluruh Internet, termasuk hampir 15% dari 100 situs web teratas di dunia. Dengan begitu banyaknya popularitas untuk satu CMS, bagaimana dengan keamanannya?"

WordPress adalah platform yang aman untuk mebuat website. Namun ada elemen lain yang berperan yang membawa ancaman keamanan, yaitu menggunakan kata sandi yang mudah ditebak dan ditembus oleh metode brute force yaitu mencoba banyak kata sandi dalam satu waktu untuk mencari satu yang cocok. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda gunakan plugin Two Factor Aunthetication (2FA) untuk meningkatkan keamanan website Anda. Berikut 5 plugin 2FA yang kami rekomendasikan:

  1. 2FAS
    Setiap kali Anda login ke area admin WordPress, Anda akan diminta oleh sistem untuk memberikan cara otentikasi tambahan berupa kode TOTP yang dikirimkan ke aplikasi 2FA seperti Google Authenticator, Authy, Microsoft Auntheticator dan aplikasinya di ponsel Anda. Kemudian Anda cukup menekan notifikasi 'Yes' untuk masuk secara instan atau masukkan kode yang tampil di layar ponsel ke WordPress Anda.
  2. WP 2FA
    Tambahkan lapisan keamanan ekstra ke halaman login situs WordPress Anda dan penggunanya. Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA), perlindungan terbaik terhadap pengguna yang menggunakan kata sandi lemah, dan tebakan kata sandi otomatis dan serangan brute force. WP2FA mendukung beberapa metode 2FA; TOTP (dengan aplikasi Google Authenticator) dan HOTP (kode satu kali dikirim melalui email). Selain itu, template email yang dapat diedit: semua email yang dikirim plugin dapat diedit dan semuanya dapat dinonaktifkan (dan diaktifkan kembali) satu per satu.
  3. WP 2FA with Telegram
    Plugin ini memungkinkan Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk Login WordPress menggunakan Telegram. Fitur utamanya yaitu kecepatan, lupakan aplikasi tambahan, sms atau captcha. Gunakan Telegram untuk pengalaman yang sangat cepat. Anda dapat mengizinkan pengguna untuk mengaktifkan Otentikasi dua faktor: setiap pengguna langsung dari profilnya sendiri dapat memutuskan untuk meminta login yang aman.
  4. Rublon Two-Factor Authentication (2FA)
    Saat login pertama, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi identitas Anda dengan mengklik link yang akan Anda terima melalui email. Login Anda berikutnya dari perangkat yang sama hanya akan membutuhkan kata sandi WordPress Anda. Untuk keamanan tambahan, Anda dapat menginstal aplikasi seluler Rublon, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa metode otentikasi lainnya.
  5. Trusona
    Trusona menyediakan login 2FA tanpa kata sandi, dengan kode QR dinamis setiap Anda masuk, Anda hanya perlu mengarahkan ponsel Anda ke kode QR yang aman. Sembunyikan nama pengguna dan kata sandi dari formulir login dan masuk tanpa perlu mengetik atau mengingat kata sandi lagi.

Itulah 5 plugin 2FA rekomendasi untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda.