4 JAMstack CMS Untuk Pemula

Namun bagi pemula atau pengguna baru, menggunakan platform JAMstack tidak semudah menggunakan CMS berbasis PHP semisal WordPress. JAMstack sangat berbeda dengan PHP, mulai dari pola pengembangan, penggunaan dan cara kerja. PHP biasanya menggunakan database, JAMstack tidak memerlukannya, karena semua datanya dapat disimpan di repositori git private maupun publik.

Berikut ini kami rangkum 4 CMS JAMstack untuk pengguna baru dan yang ingin hijrah ke platform ini.

  1. Forestry.io
    Forestry dibuat tahun 2016 silam oleh Scott (CEO) dan Jordan (CTO), keduanya adalah ahli di bidang pembuatan website selama lebih dari satu dekade. Tujuan utama Forestry adalah membantu orang membangun web yang lebih baik. Salah satu fitur terbaik Forestry yaitu tersedianya template starter untuk memudahkan pengguna, dan Anda dapat memulainya secara gratis.
    Kunjungi Forestry.io ↗
  2. Draftbox
    Draftbox merupakan platform tanpa kode untuk membangun blog JAMstack CMS yang multi fitur dan rapi yang dirancang untuk membantu Anda tetap fokus pada konten. Draftbox cocok untuk siapa saja; baik pemula maupun pengguna ahli. Anda dapat menggunakan Draftbox secara gratis.
    Kunjungi Draftbox ↗
  3. Netlify CMS
    Dapatkan kecepatan, keamanan, dan skalabilitas website statis, sambil tetap menggunakan antarmuka pengeditan yang nyaman dan intuitif untuk membuat konten. Semua konten Anda disimpan di repositori Git bersama kode Anda untuk pengembangan web statis yang berkesinambungan. Piliha tema starter atau impor dari repository Git Anda dan mulai menggunakannya tanpa biaya.
    Kunjungi Netlify CMS ↗
  4. Stackbit
    Stackbit adalah platform terbuka dan lengkap pertama untuk JAMstack, mereka menawarkan kemudahan untuk mulai menggunakan JAMstack dengan alat terbaik untuk web modern. Untuk memulai, pilih tema starter dan mulai membuat konten. Mulai gunakan Stackbit dengan tanpa biaya.
    Kunjungi Stackbit ↗