Ustadz kondang Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. adalah seorang pendakwah dan pengusaha asal Makassar, Indonesia.

Latar Belakang

Ustadz yang dikenal dengan nama Khalid Basalamah atau disingkat KHB ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1 Mei 1975. Ustadz Khalid merupakan keturunan Arab, hal ini dapat dilihat dari marganya yaitu “Basalamah” yang berasai dari Hadramaut, Yaman.

Pendidikan

Ustadz Khalid Basalamah mengenyam pendidikan sekolah menengah di kota Madinah, kemudian melanjutkan pendidikan S1 disana. Selanjutnya menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Dan pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razak di Malaysia. Beliau banyak menghabiskan masa mudanya untuk belajar dan berdakwah. Setiap hari ia mendalami ayat-ayat Alquran, kitab, dan hadist.

 

Kehidupan Pribadi

Pada salah satu video kajian, Ustadz Khalid Basalamah pernah bercerita mengenai istrinya yang seorang mualaf dan beliau pun berpoligami dan dikarunai empat orang putri.

 

Aktivitas

Aktivitas Dakwah

Sebagai seorang da’i, Ustadz Khalid sangat aktif dalam melakukan dakwah baik secara online maupaun offline. Beliau aktif berdakwah di sosial media diantaranya kanal YouTube dengan 1,37 juta pengikut.

Berbekal jumlah pengikut tersebut, Ustadz Khalid juga telah mendapatkan Silver Button dari YouTube.

Screen Shot 2020 08 06 At 12.38.20

Kanal Youtube Ustadz Khalid Basalamah Official

Ustadz Khalid Basalamah memiliki beberapa kajian tematik, seperti  Kajian Dosa-Dosa Besar dan Serial Sahabat. Kajian tersebut secara khusus membahas materi yang mencakup tema kajian, dan terkadang dilakukan secara berurutan dalam satu minggu.

Aktivitas Diluar Dakwah

Selain berdakwah, Ustadz Khalid Basalamah juga mempunya bisnis yang dikelolanya dibawah bendera Gazwah Enterprise yang beralamat di Jl. Condet Jl. Raya Condet No.50, RT.1/RW.3, Batu Ampar, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur.

Gazwah Enterprise membawahi beberapa bisnis diantaranya kuliner dan souvenir khas Timur Tengah yaitu Ajwad Resto dan Ajwad Store.

Selain itu, Gazwah Enterprise juga menyenggalarakan kegiatan sosial seperti penyaluran hewan kurban melalui Adhafarm, bantuan sosial melalui sedekahkreatif dan biro jodoh syar’i melalui Mawaddah Indonesia.

Bagikan ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masuk




Daftar




Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.