Wabah corona telah mengubah pola dan cara hidup manusia menjadi serba dari rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, belanja dari rumah, semuanya dari rumah.

Berbagai langkah telah diterapkan pemerintah di berbagai negara yang terjangkit wabah guna mengurangi penyebaran wabah yang oleh WHO statusnya disebut pandemi ini.
Sektor industri, wisata, saham terdampak wabah ini, tidak terkecuali startup. Bila imbas sektor industri adalah kegiatan produksi yang menurun dan pemangkasan karyawan untuk menghemat anggaran dan biaya operasional, maka di bidang wisata adalah turunnya pengunjung sebagai akibat dari diberlakukannya lockdown atau di Indonesia disebut PSBB guna mencegah penyebaran virus corona.

Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Bisnis dan Startup

Sedangkan pada beberapa startup yang terdampak, efeknya adalah menurunnya jumlah pengguna produk atau pengguna website, namun berbanding terbalik dengan pendanaan, Venture Capital (VC) habis-habisan menggelontorkan dana ribuan bahkan jutaan dollar demi mendanai startup yang potensial, mengingat startup hari ini merupakan model bisnis baru bagi VC atau investor dalam menanamkan modalnya.

Dilansir dari Crunchbase melalui Crunchbase News, startup yang bergerak dibidang kesehatan, fintech dan asuransi mendapat kucuran dana besar-besaran, sebut saja Erasca yang bergerak di bidang pengobatan kanker, startup yang bermarkas di San Diego, Amerika Serikat ini bergerak mendapatkan kucuran dana segar sebesar $200M pada sesi Series B dari ARCH Venture Partners, Cormorant Asset Management, EDBI, Terra Magnum Capital Partners & Invus.

Efek PSBB atau Lockdown terhadap MauCariApa.com

MauCariApa.com adalah startup yang bergerak di bidang listing bisnis, dan kami selalu memeriksa setiap tempat yang dikirimkan atau kami input agar tidak ada tempat yang fiktif sehingga merugikan pengguna. Selama wabah ini, kami mengalami kesulitan melakukan survey lapangan, serta mengalami penurunan jumlah pengguna sejak penyebaran wabah ini mulai menggila. Kondisi ini semakin diperparah dengan diberlakukannya lockdown di sejumlah negara dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah di Indonesia.

Dampak PSBB sangat berbeda bagi kami, karena bisnis kami mengharuskan orang-orang berada diluar rumah seperti mengunjungi restoran, kedai kopi, menginap di hotel dan menghabiskan liburan & akhir pekan di tempat-tempat wisata. Sedangkan tempat-tempat tersebut saat ini membatasi kegiatan bisnisnya bahkan sampai ada yang tutup total untuk sementara waktu. Sehingga terasa ataupun tidak, hal ini mempengaruhi kegiatan bisnis kami pada dan sektor wisata pada umumnya.

Bagikan ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masuk




Daftar




Setel Ulang Kata Sandi

Silakan masukkan nama pengguna atau alamat email, anda akan menerima tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.